Menteri BUMN Apresiasi Progress MNP

Menteri BUMN, Rini Soemarno didampingi Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung saat melakukan kunjungan ke lokasi Makassar New Port pada Senin, 15 Januari 2018.

Menteri BUMN, Rini Soemarno didampingi Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung saat melakukan kunjungan ke lokasi Makassar New Port pada Senin, 15 Januari 2018.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Menteri BUMN, Rini Soemarno mengapresiasi progress konstruksi fisik pembangunan Makassar New Port (MNP) yang kini telah mencapai 58,26%.

Hal itu disampaikan Rini Soemarno usai melakukan kunjungan ke lokasi MNP pada Senin, 15 Januari 2018.

Advertisment

“Saya sudah melihat langsung progress pembangunan MNP. Dari hasil peninjauan itu, kami yakin proyek ini dapat diselesaikan pada Oktober 2018 dari jadwal sebelumnya akhir 2018,” kata Menteri BUMN usai melakukan peninjauan.

Dia menegaskan, Kementerian BUMN sangat mengapresiasi upaya Pelindo IV untuk terus mengebut pembangunan salah satu proyek strategis Nasional ini, meski di tengah pembangunannya cukup banyak kendala yang ditemukan, diantaranya terkait masalah lahan dan faktor cuaca.

“Belum lagi dengan penemuan 9 ranjau berupa bom yang dideteksi masih aktif, yang tentunya perlu waktu untuk menjinakkan ranjau bom tersebut, baru pembangunan MNP bisa berjalan normal kembali. Saya salut dengan pencapaian progress MNP saat ini dan yakin Pelindo IV bisa menyelesaikan pembangunannya secepat mungkin,” jelas Rini.

Dia juga berharap, pekerjaan akses yang menghubungkan antara lokasi MNP dengan daratan, sudah bisa diselesaikan pada akhir Februari tahun ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan secara total pembangunan MNP Tahap I ditargetkan rampung pada akhir 2018, sehingga operasional pelayanan petikemas memungkinkan dilakukan pada awal 2019 mendatang.

“Per 14 Januari 2018, total progress konstruksi fisik dari proyek MNP Tahap I telah mencapai 58,26%,” sebut Doso Agung. (**)