Wujudkan Pelayanan Prima, PLN Sulselrabar Gelar Pasukan Jaskonhar

PLN Wilayah Sulselrabar menyelenggarakan Gelar Pasukan dan Peralatan Kerja Jasa Konstruksi dan Pemeliharaan (Jaskonhar) bagi calon mitra kerjanya serentak di sepuluh Area

PLN Wilayah Sulselrabar menyelenggarakan Gelar Pasukan dan Peralatan Kerja Jasa Konstruksi dan Pemeliharaan (Jaskonhar) bagi calon mitra kerjanya serentak di sepuluh Area

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – PLN Wilayah Sulselrabar menyelenggarakan Gelar Pasukan dan Peralatan Kerja Jasa Konstruksi dan Pemeliharaan (Jaskonhar) bagi calon mitra kerjanya serentak di sepuluh Area yaitu Area Makassar Utara, Area Makassar Selatan, Area Bulukumba, Area Watampone, Area Pinrang, Area Parepare, Area Palopo, Area Kendari, Area Mamuju dan Area Bau-bau di Gor Sudiang, Makassar, Senin (22/1).

Kegiatan tersebut bertujuan mendapatkan mitra kerja yang berkompeten dan memenuhi standar.

Advertisment

Dengan mengangkat tema PLN Bergerak Maju (PLN Bersama Vendor Gelar Pasukan Makin Menjulang)” PLN Area Makassar Utara mengundang sebanyak 21 perusahaan untuk dinilai kelengkapannya mulai personilnya, peralatan kerja, Alat Pelindung Diri (APD), hingga kendaraan yang digunakan.

Tujuan diselenggarakannya gelar pasukan tersebut utamanya adalah agar seluruh vendor KHS Jaskonhar dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan peraturan dan SOP yang ada sesuai target. Tidak hanya cepat tetapi harus juga didasari dengan tingkat safety setinggi-tingginya.

Gelar Pasukan dan Peralatan tersebut dihadiri dan dibuka Manajer Bidang Transmisi dan Distribusi Andi Imran Karim PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat. Selain itu hadir pula Manajer Area Makassar Utara Hariyadi.

Dalam sambutannya Andi Imran Karim mengatakan alasan diadakannya kegiatan Gelar Pasukan dan Peralatan Kerja yaitu Undang-Undang No. 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

“Jadi setiap pekerjaan yang berhubungan dengan listrik harus dilakukan oleh pihak yang berkompeten dan bersertifikat,” tutur Andi.

Lebih lanjut, Andi menuturkan jika bertambahnya jumlah pelanggan secara tidak langsung menuntut mitra kerja untuk bekerja lebih profesional. Mitra kerja harus memiliki peralatan dan personil yang memadai dan kompeten sehingga bisa membangun dan memelihara jaringan listrik serta mengatasi gangguan dengan cepat dan tidak merugikan pihak lain.

” Selain itu, acara seperti ini sangat membantu pihak PLN dalam menentukan mitra kerja. Karena biasanya membutuhkan waktu lebih dari satu bulan proses pengadaannya sampai didapatkan mitra yang siap bekerja, makanya kita lelangkan sekaligus,” ujar Andi.

Sebelum dilakukan pemeriksaan dan penilaian dari tim Due Diligence Area, peserta dari semua perusahaan calon mitra kerja diajak untuk mengucapkan Komitmen K3 PLN Area Makassar Utara.

Hal tersebut bertujuan agar peserta selalu melakukan persiapan sebelum bekerja sehingga bisa terbangun budaya safety dan bisa mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Di sela-sela kegiatan, manajer Area Makassar Utara menyampaikan bahwa Sejauh ini kondisi kelengkapan peralatan sudah cukup bagus.

” Semoga saja peralatan yang dibawa ke sini benar-benar bisa dipakai nantinya pada saat kapanpun dibutuhkan,” ungkap Hariyadi.

Di tempat terpisah, PLN Area Makassar Selatan juga melakukan Gelar Pasukan di lapangan parkir Trans Studio Mall Makassar dengan tema yang sama. Gelar pasukan diikuti oleh 28 vendor yang terdiri dari vendor JTM, JTM Gardu dan pekerjaan SP/APP.

Mewakili General Manager PLN Wilayah Sulselrabar, Manajer Perencanaan Basuki Sugiharto menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyaring vendor yang berkualitas, bukan hanya memiliki peralatan yang memadai, namun juga SDM yang kompeten untuk menunjang kemajuan PLN Wilayah kedepannya.

Sementara Khairullah selaku Manajer Area Makassar Selatan pun menegaskan bahwa kegiatan yang diadakan satu tahun sekali ini juga untuk memastikan bahwa untuk percepatan eksekusi di lapangan, semua vendor harus memiliki integritas tinggi. Pihaknya berharap gelar pasukan yang dilaksanakan tahun ini dapat berjalan dengan baik dan dapat mengikuti proses lelang dengan baik. (**)