BI Sulsel Sebut Pentingnya Informasi Cuaca Menjaga Inflasi

Kepala Bank Indonesia KpW Sulsel, Bambang Kusmiarso bersama Sekretaris Utama BMKG, Widada Sulistya.

Kepala Bank Indonesia KpW Sulsel, Bambang Kusmiarso bersama Sekretaris Utama BMKG, Widada Sulistya.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Peran informasi cuaca dinilai penting menjaga kestabilan harga (inflasi). Khususnya terkait informasi cuaca hujan dan kondisi iklim di sentra-sentra produksi untuk komoditi utama penyumbang inflasi.

Tentunya ini menjadi salah satu faktor penting yang akan membantu petani atau nelayan dalam budidaya / meningkatkan hasil tangkapan.

Advertisment

Demikian dikatakan Kepala Bank Indonesia KpW Sulsel, Bambang Kusmiarso disela-sela penandatanganan kerjasama dengan Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar di Hotel Aryaduta Makassar, Senin 29 Januari 2018.

Bambang menyebut, kehadiran dan peran BMKG diyakini mampu memberikan andil yang sangat besar mendorong kestabilan harga (inflasi) dan mendukung momentum pertumbuhan ekonomi dan upaya dalam menurunkan tingkat kemiskinan di Sulsel.

Tidak sampai disitu, informasi iklim dan cuaca yang akurat tentu akan menjadi salah satu faktor penting dan akan sangat membantu pelaku usaha dalam mengambil keputusan saat ini maupun perencanaan kedepan.

” Kerjasama dan sinergi yang baik antara BI dan BMKG Wilayah IV Makassar ini tentu kita harapkan bisa memberikan manfaat dan dukungan yang optimal ke pemerintah daerah dalam pengelolaan ekonomi,” tambah Bambang.

Sekretaris Utama BMKG, Widada Sulistya menambahkan pihaknya siap membantu BI untuk andil mendukung momentum pertumbuhan ekonomi.

Pertukaran data atau informasi cuaca kata Widada bukan hal baru bagi BMKG. Sebenarnya sudah kerja sama juga dengan Kementan.

“Untuk mendukung ketahanan pangan dengan memberikan informasi iklim dan cuaca. Misalnya informasi waktu yang tepat untuk memulai masa tanam,” katanya.

Hadir dalam penandatangan kerjasama,
Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 4 Makassar, A Fachri Radjab SSi MSi, Sekretaris Utama BMKG, DR Widada Sulistya DEA, Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG Darwan Yuniati SH,MH dan Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Sulsel, Dwityapoetra S. (***)