BPD Sulselbar-TPAKD Sulsel Berdayakan Nelayan Desa Boddia

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Dalam rangka meningkatkan peran PT Bank Sulselbar dalam pembangunan ekonomi daerah, TPAKD Provinsi Sulawesi Selatan bersama PT Bank Sulselbar menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa Boddia yang difasilitasi oleh dukungan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Sulselbar, Rabu 7 Februari 2018.

Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat setempat terhadap produk lembaga jasa keuangan yang lebih luas

Advertisment

Selain itu nantinya bisa meningkatkan potensi ekonomi masyarakat terutama pelaku usaha di Desa Boddia sehingga menjadi basis calon nasabah dan debitur -debitur baru bagi perbankan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Zulmi, Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua selaku pengarah TPAKD Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan, program pemberdayaan ini merupakan pengembangan dari program pembiayaan klaster nelayan di Desa Boddia,
Kabupaten Takalar yang difasilitasi oleh TPAKD Provinsi Sulawesi Selatan dengan mengajak PT Bank Sulselbar dan PT Boddia Jaya yang bertindak sebagai mitra pemasaran dan avalist kredit bagi nelayan.

Rahmat Alimuddin selaku Direktur Utama PT Bank Sulselbar menambahkan program
pemberdayaan ini difokuskan untuk mengembangkan potensi ekonomi desa agar lebih produktif dan mandiri melalui dukungan pelatihan, edukasi, penyediaan sarana prasarana produksi, dukungan permodalan, serta perbaikan sarana pendidikan dan kesehatan desa.

Disela-sela kegiatan, TPAKD Provinsi Sulawesi Selatan memberikan penghargaan kepada H Parawansyah Dg. Lapang, Pimpinan PT Boddia Jaya sebagai Tokoh Inspirator Inklusi Keuangan Daerah yang telah menjadi avalist/penjamin kredit bagi 271 nelayan Desa
Boddia.

Selain itu, TPAKD Provinsi Sulawesi Selatan juga melakukan kegiatan literasi pengelolaan keuangan untuk meningkatkan kemandirian finansial masyarakat. (***)