BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile JKN, Begini Caranya..

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperkenalkan Fitur Pendaftaran Berbasis Online di Puskesmas Pampang Makassar dan Puskesmas Perumnas Antang, Kamis 22 Februari 2018.

Aplikasi yang diberi nama Mobile JKN tersebut lebih memudahkan peserta JKN dalam melakukan pendaftaran pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tanpa harus melakukan antrian lagi.

Advertisment

Untuk menggunakan sistem antrian online ini peserta harus mengunduh aplikasi mobile JKN melalui google play store dan apple store dan terlebih dahulu dan melakukan registrasi.

Aplikasi ini direkomendasikan untuk telepon pintar yang menggunakan sistem android. Setelah aplikasi terpasang, peserta harus melakukan registrasi pada menu yang tersedia di aplikasi mobile JKN. Setelah berhasil, peserta bisa masuk dalam aplikasi dan memanfaatkan fitur yang tersedia.

Hal pertama yang harus dilakukan yakni, melakukan registrasi atau pendaftaran. Pilih menu registrasi, kemudian isi setiap kolom yang tersedia sesuai dengan data anda. Pastikan pengguna lunya satu email aktif karena setelah semua kolom diisi sistem secara otomatis akan mengirim nomor verifikasi ke email tersebut.

Setelah masuk aplikasi mobile JKN peserta dapat memilih “menu pelayanan” pada tampilan utama. Dalam menu pelayanan tersebut terdapat beberapa pilihan fitur yang terdiri dari fitur riwayat pelayanan, fitur pendaftaran pelayanan, fitur skrinning. Kemudian peserta dapat memilih fitur pendaftaran pelayanan pada FKTP terdaftar.

Setelah melakukan pendaftaran pelayanan, peserta akan mendapat nomor antrian dengan estimasi waktu pelayanan. Untuk sementara fitur ini bisa digunakan apabila FKTP tempat peserta terdaftar sudah menerapkan sistem antrian online. (**)