Jepang Negara Tujuan Ekspor Terbesar Sulsel

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mencatat negara tujuan ekspor terbesar Sulsel adalah Jepang.

” Jepang urutan pertama dari lima terbesar negara tujuan ekspor. Nilai transaksi untuk Jepang mencapai 69,11 juta dolar Amerika Serikat,” ujar Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Akmal.

Advertisment

Adapun beberapa komoditas yang diekspor ke Jepang yakni nikel sebesar 74,23%, ikan, udang dan hewan air tidak bertulang belakang lainnya sebesar 2,86%.

Selain Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia, dan Korea Selatan juga masuk dalam lima besar negara tujuan ekspor terbesar untuk semua jenis komoditas unggulan.

” Dibandingkan dengan bulan Februari 2018 nilai ekspor ke Jepang naik sebesar 38,87 persen, kenaikan ekspor juga terjadi ke Tiongkok meningkat sebesar 73,17%, ke vietnam sebesar 44,08 % dan korea selatan meningkat sebesar 108,78%,” jelas Akmal.

Akmal merincikan, komuditas nikel selalu jadi primadona ekspor Sulsel dan berhasil menyumbang sebesar 74,23%, sementara komuditas lak, getah dan dammar berkotribusi sebesar 2,74%, biji-bijian berminyak dan tanaman obat 7,02% serta garam belerang dan kapur 3,23%.

Sementara ekspor terbesar Sulsel pada berdasarkan pelabuhan muat yaitu melalui Pelabuhan Balantang Malili dengan nilai 67, 24 juta dollar Amerika Serikat disusul pelabuhan Sukarno Hatta Makassqt dengan nilai 13,06 juta dollar Amerika Serikat. (**)