Nipah Mall Hadir dengan Konsep Green Building

Nipah Mall di Jalan Urip Sumoharjo Hadir dengan Konsep Green Building. (Foto:fakra)

Nipah Mall di Jalan Urip Sumoharjo Hadir dengan Konsep Green Building. (foto:fakra)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Nipah Mall & Office Building resmi dibuka untuk publik 6 April 2018 di Jalan Urip Sumoharjo Makassar.

Salah satu unit bisnis terbaru dari PT Kalla Inti Karsa ini hadir dengan berbagai fasilitas dan dibangun dengan konsep Green Building.

Advertisment

Fadly Rifai Kasim, Director Of Operation & Development PT. Kalla Inti Karsa mengatakan, Nipah Mall menjadi kawasan komersial hijau pertama di wilayah Indonesia Timur.

Fadly Rifai Kasim, Director Of Operation & Development PT. Kalla Inti Karsa didampingi Mohamad Saleh Hamzah, GM Project & Technical Support menjelaskan konsep Nipah Mall.

Dengan konsep ramah lingkungan yang diterapkan, pihaknya optimis meraih sertifikasi bangunan hijau indonesia (Greenship) dengan target predikat gold dan Green Building Counsil Indonesia.

” Untuk Greenship terdapat dua jenis kategori yaitu, existing building dan new building. Nipah Mall ada pada kategori new building atau bangunan baru sehingga seluruh perencanaan, design hingga pelaksanaan harus memenuhi seluruh kriteria utama,” ujar Fadly.

Beberapa kriteria yang dimaksud untuk mencapai sertifikasi Greenship antara lain luas lahan harus diatas 25.000 m2 dan bisa memenuhi persentasi tata guna lahan sebesar 10 persen dari luas lahan, memiliki efisiensi energi dalam gedung, terdapat konservasi air hingga penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan seperti penggunaan cat.

Sementara Mohamad Saleh Hamzah, GM Project & Technical Support menambahkan, secara keseluruhan bangunan Nipah Mall & Office Building memiliki luas 121,426 Sqm dengan luas tanah 3,5 Ha. Untuk area Mall memiliki luas 74,352 M2 dan luas area office sendiri yaitu 15,440M.

” Sudah rampung 83 persen, terdiri dari enam lantai untuk area Mall dan 10 Lantai untuk area office, dengan kapasitas area parkir 1200 lot yang tersedia di masing-masing lantai, sekitar 121 tenant yang akan mengisi nantinya,”jelasnya.

Selain itu, Nipah Mall juga akan dilengkapi dengan sebuah ruang kreatif yang disebut Nipah Creative Ecosystem.

Nipah Creative Ecosystem menjadi sebuah ruang kolaborasi bagi millenials untuk mendukung kreatifitas dan inovasi baru di kota Makassar.

Creative Ecosystem ini dihadirkan tidak hanya sebagai sebuah ruang kreatif tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area exhibition, area event, area kelas, hingga area retail yang akan mendukung segala bentuk kegiatan di Nipah Creative Ecosystem.(**)