Mencicipi Kuliner di Floating Market Lembang Pakai Koin

Kawasan wisata Floating Market di Bandung Jawa Barat.

Kawasan wisata Floating Market di Bandung Jawa Barat.

BANDUNG, DJOURNALIST.com – Mengunjungi kota kembang, rasanya tak akan cukup hanya dengan 3 hari jika harus mengunjungi puluhan bahkan ratusan destinasi yang ada.

Namun diantara puluhan wisata di Bandung, Jawa Barat, Floating Market atau pasar terapung di Lembang adalah salah satu yang wajib kita kunjungi. Namanya saja Floating Market, sudah tentu tempat ini didominasi air.

Advertisment

Saya dan 37 orang yang tergabung dalam rombongan Media Gathering Bank Indonesia pun berkesempatan menjelajah tempat ini.

” Floating Market Lembang mulai dibuka sebagai salah satu tempat wisata di Lembang di tahun 2012. Sebuah kawasan wisata di sebuah danau bernama Situ Umar yang menjadi pusatnya,”ujar Akang Andri pemandu Tour kami.

Setiap akhir pekan lokasi ini selalu menjadi incaran wisatawan, hingga akses jalan menuju lokasi sudah menjadi langganan macet. Beruntung pengalaman saya ke lokasi dimudahkan. Tak ada kemacetan, parkir luas dan tak begitu padat pengunjung.

Berada di Lembang, Bandung Barat kita membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari kota Bandung, menuju ke lokasi kendaraan harus ekstra hati-hati, kondisi jalannya lumayan menanjak, terutama saat hujan dengan akses yang cukup sempit untuk sebuah kendaraan bus seperti yang saya gunakan.

Tiba di lokasi mata akan dimanjakan dengan pepohonan asri nan sejuk. Dilengkapi dengan puluhan aneka jajanan khas Bandung yang sudah siap memanjakan lidah.

Tapi tunggu dulu, tempat ini sungguh unik, di sini pengunjung harus bertransaksi pakai koin. Jadi sebelum jajan wajib menukarkan uang dengan koin Rp5ribu, Rp10 rb, Rp50 ribu dan Rp100 ribu.

Barulah kita bisa memilih jajanan para pedagang yang menjajakan makanannya di gerobak dan perahu di atas danau.

Sensasi belanjanya mirip pasar terapung seperti di Kalimantan. Bedanya, pasar terapung di sini tak menjual kebutuhan dapur tapi lebih ke eko wisata kuliner khas Jawa Barat seperti siomay, tahu lembang, surabi, sosis bakar, tempe mendoan, batagor, lotek, dan karedok.

Kulinernya enak, ditambah lokasi yang menarik dan unik. Harganya pun cukup terjangkau.

Puas berkuliner, kita bisa berswafoto ria di sini karena banyak spot-spot cantik dengan konsep ala Jepang. Kita juga bisa berkeliling danau dengan perahu dan spot lain seperti taman bunga dan taman kelinci. Jangan ragu untuk selfie. Tetapi hati-hati jangan sampai handphone jatuh ke danau.

Saat pulang jangan lupa mampirlah di toko suvenir yang menjual cinderamata lucu khas Floating Market.

Ada yang lupa, di dalam kita bisa menukarkan satu tiket masuk dengan satu minuman panas, cocok buat menghangatkan badan di daerah Lembang yang terkenal dingin. Pilihan minuman hangatnya ada Milo, Lemon Tea, Coffe latte, dan Choco Latte. (**)