BI Sulsel Siapkan Uang Kartal Rp3,9 Triliun

Ramadan dan Lebaran 2018, Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel menyiapkan Rp3,9 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan.

Ramadan dan Lebaran 2018, Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel menyiapkan Rp3,9 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Ramadan dan Lebaran 2018, Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel menyiapkan Rp3,9 triliun uang kartal untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan masyarakat.

BI pun menggandeng 30 bank yang siap melayani kebutuhan uang kartal masyarakat lebih awal.

Advertisment

Menurut Kepala Bank Indonesia Provinsi Sulsel, Bambang Kusmiarso, Senin 21 Mei 2018, ketersediaan uang kartal baru sebesar Rp3,9 tersebut meningkat 20 persen dari lebaran tahun lalu, yakni Rp3,3 Triliun.

” Kita optimis bisa penuhi kebutuhan uang kartal masyarakat yang cenderung meningkat di bulan puasa hingga lebaran Idul Fitri,”katanya.

Kenaikan jumlah uang kartal tersebut, kata Bambang, dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain, daya beli masyarakat tinggi pasca pertumbuhan ekonomi yang kian melejit hingga masa libur dan cuti panjang yang ditengarai menjadi pemicu.

Sementara itu, Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengedaran Uang Rupiah dan Satuan Layanan Administrasi BI, Amanlison Sembiring menyebut, dana sebesar Rp 3,9 triliun tersebut, dipersiapkan untuk penarikan secara tunai melalui kas titipan maupun mesin anjungan tunai mandiri (ATM) masing-masing perbankan.

Selain itu, lanjut Amanlison, BI telah menyiapkan pelayanan penukaran uang kartal untuk masyarakat di Lapangan Karebosi dimulai 22 Mei hingga 8 Juni 2018.

Adapun jadwal penukaran yaitu hari Senin-Kamis mulai pukul 09.30-12.00. Sementara hari Jumat mulai pukul 09.30 -10.30.

Tidak sampai disitu, untuk menjangkau hingga pelosok daerah, BI Sulsel telah melakukan kegiatan pelayanan kas keliling antar pulau Terpencil, Terluar, dan Terdepan (3T) bekerjasama dengan Lantamal VI di delapan pulau di Kabupaten Pangkep seperti Sapuka, Pelokang, Tampaang, Sailus, Satenger, Sabalana, Poleonro dan Kapoposang Bali.

” Kita juga sudah siapkan pelayanan penukaran kas mobil bersama atau kas keliling di tempat strategis. Diantaranya di wisma BI Jalan Pasar Ikan dan Wisma BI Jalan Alauddin, beberapa pasar tradisional dan instansi pemerintah yang melayani publik, “tutup Amanlison Sembiring. (**)