Ini Lokasi Penukaran Uang Pecahan BI di Makassar

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso membuka layanan penukaran uang rupiah kecil di Lapangan Karebosi, Selasa 22 Mei 2018.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso membuka layanan penukaran uang rupiah kecil di Lapangan Karebosi, Selasa 22 Mei 2018.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulsel, membuka layanan penukaran uang rupiah kecil, Ramadan hingga Jelang Hari Raya Idul Fitri 2018 bersama sejumlah perbankan di Lapangan Karebosi Makassar 22 Mei hingga 8 Juni 2018.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso menerangkan, layanan penukaran pecahan tersebut bekerjasama 30 perbankan di Makassar.

Advertisment

Tidak hanya itu, BI juga telah menyiapkan uang kartal sebesar Rp3,9 Triliun untuk melayani kebutuhan uang pecahan masyarakat.

Nantinya, kata Bambang penukaran uang tidak hanya dilakukan di satu titik saja, melainkan perbankan juga akan melayani penukaran di Kantor masing-masing atau di 38 titik lokasi yang telah ditentukan.

38 titik tersebut berada di lokasi-lokasi strategis melalui kas keliling di instansi-instansi pemerintah mitra strategis BI antara lain di Kantor Gubernur, Kantor Walikota, Polda Sulsel dan Kodam XIV Hasanuddin.

Kas keliling bersama dengan mobil-mobil kas perbankan juga ditempatkan di depan masjid kompleks Perumahan Bank Indonesia, Jl. Sultan Alauddin, dan pusat-pusat keramaian seperti pasar traditional.

” Kita juga sudah siapkan layanan kas titipan di luar Makassar seperti di Kota Palopo, Parepare, Bulukumba dan Bone, saat ini sedang menjajaki rencana pembentukan kas titipan di wilayah Toraja,”sebut Bambang Kusmiarso, Selasa 22 Mei 2018.

Untuk menjangkau hingga pelosok daerah, BI Sulsel telah melakukan kegiatan pelayanan kas keliling antar pulau Terpencil, Terluar, dan Terdepan (3T) bekerjasama dengan Lantamal VI di delapan pulau di Kabupaten Pangkep seperti Sapuka, Pelokang, Tampaang, Sailus, Satenger, Sabalana, Poleonro dan Kapoposang Bali. (**)