Jelang Lebaran, KPPU Klaim Stok Daging Sapi Cukup

Komisi Pengawasan Persaingan Usaha  ( KPPU) Kota Makassar melakukan inpeksi mendadak ke Rumah Potong Hewan Kota Makassar, Tamangapa, Minggu, 3 Juni 2018.

Komisi Pengawasan Persaingan Usaha  ( KPPU) Kota Makassar melakukan inpeksi mendadak ke Rumah Potong Hewan Kota Makassar, Tamangapa, Minggu, 3 Juni 2018.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Komisi Pengawasan Persaingan Usaha  ( KPPU) Kota Makassar melakukan inpeksi mendadak ke Rumah Potong Hewan Kota Makassar, Tamangapa, Minggu, 3 Juni 2018.

Sidak yang dilakukan pukul 02.00 WITA tersebut guna untuk memantau stok daging sapi serta harga menjelang lebaran.

Advertisment

“Tujuan dari sidak ini untuk melakukan pengecekan dari sisi pasokan, suplai dan harga. Apakah ada kekurangan pasokan atau kendala dari sisi harga,” ujar Kepala Kantor KPPU Makassar, Aru Armando.

Menurutnya, temuan kali ini sama seperti hasil survei yang dilakukan di 10 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Selatan.

Untuk harga daging sapi di tingkat RPH sebesar Rp95.000/kilogram, dan untuk di tingkat konsumen sendiri berkisar di harga Rp100.000/kilogram.

Lebih lanjut, pihak KPPU sendiri mengklaim bahwa harga daging sapi lokal Ramadan tahun ini tidak mengalami kenaikan.

Juga, pasokan daging sapi masih cukup stabil mengingat bahwa di hari-hari biasa, RPH melakukan pemotongan sekitar 70 sampai 90 ekor dan jelang lebaran sekitar 300 sampai 500 ekor.

Namun diakuinya, menjelang lebaran nanti tidak menutup kemungkinan harga daging akan mengalami kenaikan.

“Ramadan tahun ini stabil. Tapi sebagaimana sisi histori dan data yang dikatakan pedagang akan ada kenaikan menjelang lebaran. H-3 atau H-2 karena itu adalah puncak-puncak kebutuhan daging sapi. Kira-kira diangka 110 per kilonya sampai 130 ribu per kilonya,” klaim Aru Armando. (**)