Sinergi BUMN, Pelindo IV Jalin Kerjasama dengan IKI dan Sucofindo

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menjalin sinergi dengan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU tentang Rencana Kerja Sama Kemitraan untuk Perbaikan dan Pemeliharaan Kapal.

Nota Kesepahaman tersebut diteken langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung dengan Direktur Utama PT Indstri Kapal Indonesia (IKI), Edy Widarto di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, kemarin Jumat 20 Juli 2018.

Advertisment

Dirut Pelindo IV, Doso Agung mengatakan, bahwa Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani dengan maksud untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana kerja sama kemitraan untuk perbaikan dan pemeliharaan kapal antara Pelindo IV dan PT IKI.

“Selain itu, Nota Kesepahaman ini juga ditandatangani dengan tujuan untuk membangun kemitraan dan sinergi usaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki Pelindo IV dan IKI, serta mendorong peningkatan usaha-usaha dalam rangka rencana kerja sama kemitraan untuk perbaikan dan pemeliharaan kapal antar kedua pihak,”kata Doso Agung.

Doso berharap agar setelah penandatanganan Nota Kesepahaman ini, Pelindo IV dan PT IKI segera membentuk tim karena kerja sama ini perlu pendalaman.

Dia mengungkapkan, sekarang ini Pelindo IV sedang membentuk konsorsium untuk kapal tunda, dengan tujuh perusahaan [nasional dan multi nasional], sehingga pangsa pasar IKI bisa lebih luas lagi.

“Terus terang saat ini Pelindo IV lebih memilih menyewa kapal tunda daripada membeli karena bisa lebih hemat dari segi biaya dan SDM,” katanya.

Menurutnya, Pelindo IV mendapat tugas dari Pemerintah melalui SKK Migas, bahwa seluruh kapal tunda disediakan oleh [Pelindo IV]. Sehingga, pangsa pasar PT IKI akan lebih luas karena pasar Pelindo IV juga menjadi semakin luas lagi.

Direktur Utama PT IKI, Edy Widarto mengungkapka,  pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama ini.

Pihaknya juga berharap, secepatnya Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani segera terwujud dalam bentuk kerja sama yang lebih konkrit.

Selain dengan IKI, Pelindo juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU dengan PT Sucofindo tentang Penyediaan Jasa Konsultansi dan Manajemen.

Nota kesepahaman yang merupakan bentuk sinergi strategis antar BUMN ini ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung dengan Direktur Utama PT Sucofindo, Bachder Djohan Buddin di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Jumat (20 Juli 2018).

“Alhamdulillah seluruh proyek kami di Kawasan Timur Indonesia (KTI) rata-rata kerja sama dengan BUMN. Kami berharap, kedepan sinergi [BUMN] ini lebih baik lagi,” tambah Doso Agung.

Doso berharap agar kerja sama dengan Sucofindo segera diwujudkan. Sebab, kedepan Pelindo IV akan lebih mengembangkan ekspor perikanan dari KTI.

Hal ini tentu menjadi peluang Sucofindo untuk membangun laboratorium yang besar di wilayah [KTI] dan ekspor produk perikanan bisa langsung dari KTI.

Selama ini lanjut Doso, salah satu kendala yang dihadapi [Pelindo IV] adalah ekspor perikanan yang masih harus melalui Jakarta karena laboratorium besar milik Sucofindo hanya ada di Jakarta.

“Kami juga butuh dukungan [Sucofindo] untuk mengembangkan wilayah-wilayah di Indonesia timur. Apalagi kalau Sucofindo bisa membangun laboratorium yang besar di Makassar. Pelindo IV butuh support itu,”lanjunya.

Sementara itu, Dirut PT Sucofindo, Bachder Djohan mengungkapkan bahwa pihaknya percaya dengan adanya kerja sama dapat memberikan manfaat bagi ke dua belah pihak, sehingga kapasitas dan kontribusi Perseroan dapat meningkat dan memperoleh nilai tambah dalam bisnis.

Tak hanya itu, sinergi ini pun diharapkan menjadi sumber kontribusi untuk Negara.

Sebagai tahapan awal, kerja sama ini dimulai dari Studi Kelayakan Pembangunan Pelabuhan, Penyusunan Master Plan Pelabuhan, Studi dan Survei Teknis yang Terkait Perencanaan Pelabuhan, Basic Design/Schematic Design, Preliminary Design dan Detiled Engineering Design Pembangunan Fasilitas Pelabuhan, Pengawasan Teknik, Manajemen Konstruksi dan Manajemen Proyek Pembangunan Pelabuhan.

Dilanjutkan dengan Jasa Konsultasi Pengendali Mutu (Quality Assurance) Terkait Pekerjaan Konstruksi, Jasa Konsultasi Quantity Surveyor (QS), Pelaksanaan Jasa Konsultasi Pada Tahap Operasional dan Pemeliharaan, Technical Advisory, serta Perencanaan dan Pengawasan Pengadaan Peralatan.

Bachder berharap, realisasi MoU ini terus berkembang dan menelurkan berbagai kerja sama, membangun kemitraan yang berorientasi kepada pengembangan bisnis maupun pelaksaaan pekerjaan atau kegiatan antara PT Sucofindo dan PT Pelindo IV yang nantinya akan dituangkan dalam suatu perjanjian kerjasama.(**)