Segera Tukarkan Kartu Debit Anda dengan yang Berlogo GPN

Launching GPN di Pantai Losari.

Launching GPN di Pantai Losari.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Bank Indonesia (BI) Sulsel mendorong nasabah bank menggunakan kartu ATM/Debet berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Caranya dengan melakukan penukaran kartu ATM/Debet di bank terdekat atau di 14 bank yang sudah siap menukarkan kartu tersebut.

Advertisment

Hal ini sejalan dengan kewajiban pencantuman logo nasional (GPN) untuk kartu ATM/Debet yang telah dimulai sejak 1 Januari 2018.

Keberadaan GPN dinilai menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki kemampuan mengelola sistem pembayaran.

” Peluncuran logo GPN ini simbol identitas sistem pembayaran nasional akan menjadi bagian dari transaksi seluruh masyarakat yang semakin aman, andal, dan terpercaya. Bagi bank, kehadiran GPN akan memperluas akseptasi nasabahnya melalui kemudahan akses terhadap seluruh kanal pembayaran,” ujar Bambang Kusmiarso Kepala BI Sulsel dalam acara Launching dan Kampanye GPN di Anjungan Pantai Losari, Minggu 5 Agustus 2018.

Kehadiran GPN kata Bambang, juga berdampak positif terhadap industri sistem pembayaran melalui efisiensi sistem pembayaran, peningkatan keamanan dan memperkuat ketahanan nasional.

Kata Bambang, sudah ada 100 Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), 98 diantaranya telah memperoleh persetujuan menerbitkan kartu ATM dan Debit berlogo GPN dengan distribusi kartu berlogo GPN telah mencapai
44,44 juta pada bulan Mei 2018 di seluruh Indonesia.

” Hingga akhir tahun 2018, BI
menargetkan 30% kartu ATM/Debit nasabah
perbankan sudah dapat terkonversi menjadi kartu berlogo GPN. BI dan Perbankan
berkomitmen  menjaga ketersediaan jumlah
kartu berlogo GPN,”lanjutnya.

Diketahui, kampanye GPN ini secara bertahap dilakukan pada periode Juli sampai dengan Oktober 2018 di seluruh cakupan wilayah Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Untuk di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri, pekan kampanye GPN ini dilaksanakan mulai hari tanggal 5 Agustus 2018 kemarin hingga dengan 10 Agustus 2018.

Launching Kampanye GPN 5 Agustus kemarij dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta. Hal ini menunjukkan antusiasme perbankan dan masyarakat untuk mendorong implementasi GPN.

” Hari kedua pekan kampanye GPN dilaksanakan di Area Kantor Walikota Makassar, kemudian hari berikutnya sampai dengan 10 Agustus 2018 penukaran kartu dapat dilakukan di kantor cabang masing-masing Bank,”tambah Bambang.

Sementara itu, perbankan di Sulsel sudah mendistribusikan kartu berlogo GPN. Masyarakat bisa menukarkan kartu lamanya melalui jaringan kantor perbankan.

Wapimwil BRI Makassar I Made Antara Jaya mengaku, dalam peluncuran GPN di Makassar perseroan andil dengan menyiapkan layanan penukaran kartu GPN.

Ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan kartu berlogo garuda tersebut.

Pemimpin BCA Cabang Utama Makassar, Widy Tarmizi mengemukakan, mulai 16 April lalu secara nasional BCA luncurkan kartu berlogo GPN dan diikuti oleh seluruh kantor cabang di tanah air, termasuk di kawasan timur Indonesia.

“Semua cabang kami melayani penukaran kartu BPN. Memang masih butuh waktu edukasi karena nasabah harus ke kantor masing-masing bank untuk tukar, kalau tidak ke bank tidak bisa tukar,” tuturnya.

Tidak ketinggalan, Bank Sulselbar juga meramaikan kampanye GPN. Termasuk menyiapkan juga layanan penukaran kartu GPN untuk kartu debit lama.

“Kita siapkan penukaran. Tapi belum layanan pembuatan kartu GPN,” kata Syarif Humas Bank Sulselbar. (**)