4 Pecahan Rupiah ini Takkan Lagi Berlaku, Tukarkan Sebelum 30 Desember 2018

empat pecahan-pecahan uang yang telah dicabut dan akan ditarik.

empat pecahan-pecahan uang yang telah dicabut dan akan ditarik.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Bank Indonesia (BI) masih memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menukar uang pecahan lama yang masa berlakunya sudah berakhir. Empat pecahan rupiah lama ini diketahui takkan lagi berlaku dan ditarik dari pasaran.

Mengutip Peraturan Bank Indonesia No. 10/33/PBI/2008 dikutip dari laman bi.go.id, tanggal 25 November 2008 terdapat empat pecahan-pecahan uang yang telah dicabut dan akan ditarik.

Advertisment

Empat pecahan uang dari rupiah lama yang dimaksud adalah pecahan Rp10 ribu Tahun Emisi (TE) 1998 bergambar muka Cut Nyak Dhien, Rp20 ribu bergambar Ki Hadjar Dewantara.

Dua pecahan lainnya adalah uang kertas dengan nominal Rp50 ribu W. R. Soepratman, dan Rp100 ribu Soekarno-Moh. Hatta yang uangnya berbahan polymer.

Untuk masyarakat yang masih memiliki pecahan lama tersebut, BI masih membuka pintu penukaran uang-uang rupiah tersebut sampai 30 Desember 2018.

Sekadar informasi, BI secara rutin mencabut dan menarik rupiah. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan antara lain, masa edar uang dan ada uang emisi baru dengan perkembangan teknologi unsur pengaman (security features) pada uang kertas.

Bagi masyarakat yang masih memiliki uang pecahan emisi tersebut, dapat melakukan penukaran di seluruh kantor Bank Indonesia hingga 30 Desember 2018.

Bank Indonesia membuka layanan penukaran sampai dengan 30 Desember 2018, termasuk layanan khusus pada hari libur Sabtu dan Minggu ( 29-30 Desember 2018). (**)