BPJS Kesehatan: Ayo Unduh Aplikasi JKN Mobile Ada Banyak Kemudahan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar M Ichwansyah Gani.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar M Ichwansyah Gani.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Salah satu cara untuk memudahkan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah dengan aplikasi JKN Mobile.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui playstore dan melalui aplikasi diharapkan BPJS Kesehatan bisa memberikan pelayanan yang optimal, peserta tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Advertisment

Melalui aplikasi ini juga peserta bisa mendapatkan informasi dan kemudahan yang sangat bermanfaat misalnya tentang mengecek pembayaran premi, cek tagihan dan perubahan fasilitas kesehatan tingkat pratama dan lainnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar M Ichwansyah Gani mengatakan, BPJS Kesehatan semakin memudahkan peserta dengan aplikasi JKN Mobile yang bisa diunduh melalui playstore sehingga peserta tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Karena itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan kesadaran dan kemauan peserta untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Mengenai jumlahnya sampai hari ini, kata Ichwansyah baru ada 50 ribuan pengguna aplikasi aktif dari total 1,6 juta peserta.

Artinya baru 5 persen yang pakai aplikasi dari total 1,6 juta peserta. Sementara target awal BPJS Kesehatan yaitu 30 persen.

” Target kami di tahun 2019 ini, minimal 20% penduduk Makassar sudah mengunduh dan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN, ” sebut Ichwansyah dalam acara BPJS Kesehatan ngopi bareng Media di Eureka Casual Dining Cafe di Jl Topas Raya Makassar, belum lama ini.

Di sisi lain, Ichwansyah menyampaikan berbagai cara yang dilakukan untuk mewujudkan target tersebut.

” Sudah hampir sebulan kita buka anjungan mobile JKN di kantor, mininal 30 orang datang ke kantor dalam sehari dan kami turut mensosialisasikan sekaligus membantu peserta yang sudah datang mengunduh aplikasi Mobile JKN,”ujarnya lagi.

Dengan strategi itu, perlahan tapi pasti minat peserta JKN-KIS untuk memanfaatkan aplikasi Mobile JKN pun semakin meningkat.(***)