BPJS Sebut Status Akreditasi Rumah Sakit Harus Pasti

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar M Ichwansyah Gani saat memaparkan terkait surat rekomendasi kepada sejumlah rumah sakit mitra BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar M Ichwansyah Gani saat memaparkan terkait surat rekomendasi kepada sejumlah rumah sakit mitra BPJS Kesehatan.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – BPJS Kesehatan kembali mengingatkan sejumlah rumah sakit yang menjadi mitranya memperbarui status akreditasi.

Sesuai regulasi yang berlaku, akreditasi salah satu syarat wajib memastikan peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan kesehatan bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Advertisment

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar M Ichwansyah Gani menegaskan, pemerintah telah memberikan surat rekomendasi kepada sejumlah rumah sakit mitra BPJS Kesehatan yang belum terakreditasi agar paling lambat 30 Juni 2019 harus sudah terakreditasi.

” Kami berharap rumah sakit bisa memanfaatkan toleransi yang sudah diberikan pemerintah sampai 30 Juni 2019 tersebut untuk segera menyelesaikan akreditasinya,” tegas Ichwansyah disela-sela jumpa pers di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Kamis 2 Mei 2019.

Ia pun mengapresiasi langkah sejumlah manajemen rumah sakit yang telah menempatkan akreditasi sebagai salah satu prioritas utama mereka.

Pasalnya, dari total 720 rumah sakit mitra BPJS Kesehatan pada Desember 2018 lalu belum terakreditasi, saat ini jumlahnya menurun menjadi 271 rumah sakit.

” Yang tidak terakreditasi sudah tidak bisa melayani pasien JKN-KIS dan kita putus kontraknya. Saat ini hanya ada satu di Makassar yaitu RS Gigi dan Mulut (RSGM). Dan harusnya fasilitas kesehatan mitra BPJS wajib memperbarui kontraknya setiap tahun, dan kita sudah berkali-kali ingatkan rumah sakit untuk mengurus akreditasi dan lakukan pembenahan dan perbaikan sesuai aturan UU, “pungkasnya.

Diketahui, khusus di wilayah kerja Kantor Cabang Makassar terdapat 21 rumah sakit yang harus segera diperbarui status akreditasinya yaitu, RSIA Masyita, RS Jala Ammari Lantamal VI, RSIA Elim, RSKD Provinsi Sulsel, RS Tk II Pelamonia Kesdam XIV, RS Dr Tadjuddin Chalid, RSIA St Khadijah III, RSUD Kota Makassar, RSKDIA Pertiwi, RSIA St Khadijah I, RSKDIA Fatimah, RSK Mata Masyarakat Makassar, RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, RSIA Ananda, RSU Hikmah, RSIA Permata Hati, RSU Mitra Husada, RSIA Paramount, RSU Luramay, RS Maryam Citra Medika Takalar, dan RSKDGM Provinsi Sulsel.(**)