Belanja Berlebihan Pemicu Inflasi Ramadan dan Idul Fitri

Bank Indonesia (BI) melakukan silaturahmi bersama alim ulama sebagai upaya mengendalikan inflasi Ramadan tahun ini.

Bank Indonesia (BI) melakukan silaturahmi bersama alim ulama sebagai upaya mengendalikan inflasi Ramadan tahun ini.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Bank Indonesia (BI) melakukan silaturahmi bersama alim ulama sebagai upaya mengendalikan inflasi Ramadan tahun ini.

Hal ini juga dinilai menjadi salah satu aspek penting dalam mengendalikan inflasi pada hari besar keagamaan nasional (HBKN).

Advertisment

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, inflasi Sulsel selama bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri cenderung mengalami peningkatan seiring meningginya aktivitas konsumsi masyarakat.

“Untuk itu, kami (BI Sulsel) mengharap bantuan kerjasama alim ulama untuk mengedukasi masyarakat agar tidak belanja secara berlebihan atau bijak dalam berbelanja,” jelas Bambang, baru-baru ini.

Kegiatan seperti ini diakui Bambang, akan terus terjalin. Silaturahmi ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi.

Tidak hanya dengan alim ulama, Bambang bersama pihaknya juga akan melakukan silaturahmi dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat lainnya. Tujuannya agar dapat berperan dalam mengarahkan ekspektasi dan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya pengendalian inflasi.

“Silaturahmi dan kerjasama ini tidak hanya sebatas dalam pengendalian inflasi, tetapi juga untuk kemaslahatan umat seperti pengembangan ekonomi syariah, implementasi keuangan inklusif, dan kemandirian pesantren,” tutup Bambang. (**)