Blibli.com Ajak Merchant Makassar Kembangkan Usaha Secara Online

Eddy Lukita, Senior Merchandising Manager Blibli.com.(foto:djournalist).

Eddy Lukita, Senior Merchandising Manager Blibli.com.(foto:djournalist).

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Mal online terdepan di Indonesia, Blibli.com mendorong para pengusaha di Makassar agar semakin memanfaatkan platform e-commerce untuk mengembangkan usaha dan meperluas pasar yang baru ke seluruh Indonesia.

Riset dari McKinsey memprediksi bahwa online commerce, atau perdagangan online, di Indonesia akan bertumbuh pesat, di mana belanja online akan bertumbuh dari senilai US$8 milyar di 2017 menjadi sebesar US$65 milyar di 2022.

Advertisment

Data dari We Are Social juga menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet terus bertumbuh sebanyak 13% dari tahun ke tahun pada Januari 2019, di mana angka pengguna mencapai setidaknya 150 juta orang.

“Pertumbuhan pengguna internet dan kebiasaan berbelanja online yang semakin kuat adalah tren-tren yang harus dimanfaatkan oleh paramerchant, atau pelaku bisnis, di Makassar dalam mengembangkan usaha mereka,” kata Eddy Lukita, Senior Merchandising Manager Blibli.com , Selasa 10 September 2019.

Eddy melanjutkan bahwa untuk membantu merchant, Blibli.com menyediakan layanan yang komplit dan infrastruktur yang esensial dalam menjalankan bisnis online.

” Sejak hadir di 2011, Blibli.com terus melakukan ekspansi dan memperkuat ekosistem miliknya yang mencakup metode pembayaran lengkap, infrastruktur logistik serta warehouse dan fitur yang memanfaatkan kanal penjualan online dan offline, atau omnichannel,” kata Eddy.

Salah satu fitur utama di ekosistem Blibli.com adalah Merchant Tool Application (MTA), yaitu aplikasi yang disediakan bagi paramerchant Blibli.com. Menggunakan teknologi big data, MTA menganalisa data milik  para merchant agar mereka bisa mengoptimalkan penjualan, mulai dari menambah rangkaian produk mereka yang tampil di toko Blibli.com hingga membagikan voucher ke pelanggan dengan potensi berbelanja yang tinggi.

Selain itu, Blibli.com juga menghadirkan ‘Fulfillment By Blibli’ (FBB), yaitu jaringan warehousemilik Blibli.com yang akan menopang pengoperasian supply chain para merchant, termasuk pengepakan dan pengiriman produk yang dipesan online.

Blibli.com menargetkan untuk memiliki 20 warehouse di seluruh Indonesia pada 2019, di mana empat akan berlokasi di luar Jawa.

“Solusi fulfillment memungkinkan merchant menghemat biaya operasional karena tidak perlu mengalokasikan investasi tambahan terkait biayawarehousing,” kata Eddy.

Terakhir, Blibli.com menyediakan Blibli Express Service (BES), yaitu fleet logistik yang dikelola sendiri. Dengan BES, para merchantBlibli.com dapat mengirimkan paket dengan cepat ke pelanggan di seluruh Indonesia karena hadirnya hub dan mobile hub. Tahun ini, Blibli.com menargetkan ekspansi infrastruktur menjadi 32hub dan mobile hub, di mana empat berlokasi di luar Jawa.

“BES melayani pengiriman same day, reguler, express dan cash on delivery (COD), dengan tambahanspecial handling untuk makanan beku dan segar serta barang luxury,” tambah Eddy.

Untuk memudahkan transaksi, Blibli.com juga bekerjasama dengan berbagai bank dan layanan keuangan untuk menghadirkan metode pembayaran, yang saat ini paling lengkap, agar merchant bisa menerima transaksi dari pelanggan dengan mudah.

“Semua fasilitas ini kami hadirkan agar merchant bisa fokus ke pengembangan bisnis mereka karena Blibli.com yang akan membantu menjalankan berbagai proses operasional baik offlinemaupun online,” kata Eddy. (***)