BNI Syariah Makassar Penetrasi Pasar 1.000 Kartu IB Hasanah, Nasional 300 Ribu Lebih

BNI Syariah Kantor Cabang Utama Makassar mencatat sudah mencetak sebanyak 1.000 keping kartu iB Hasanah. Baik kartu debit maupun kartu kreditnya.(foto:ist)

BNI Syariah Kantor Cabang Utama Makassar mencatat sudah mencetak sebanyak 1.000 keping kartu iB Hasanah. Baik kartu debit maupun kartu kreditnya.(foto:ist)

MAKASAR, DJOURNALIST.com – BNI Syariah Kantor Cabang Utama Makassar mencatat sudah mencetak sebanyak 1.000 keping kartu iB Hasanah. Baik kartu debit maupun kartu kreditnya.

Secara nasional hingga per Juni 2019, outstanding BNI iB Hasanah Card sendiri sebesar Rp 352.6 miliar dengan jumlah kartu 327.083. BNI Syariah menargetkan outstanding kartu BNI iB Hasanah Card sampai akhir tahun 2019 tumbuh 13,5% secara tahunan atau year on year (yoy).

Advertisment

Sementara Business Manager BNI Syariah Makassar Umar Faruq memberi target cabang untuk penetrasi iB Hasanah Card. Hingga semester II/2019 sudah terelisasi 80 persen menutupi target sepanjang tahun ini.

“Saat ini baik kartu debit maupun kredit iB Hasanah sudah ada 1.000 lebih yang sudah diterbitkan,” kata Umar di Makassar.

Akhir tahun, pihaknya optimis bisa menambah persebaran kartu tersebut menjadi 2.000 kartu.

Penggunaan atas kartu berbasis syariah ini selain kebutuhan life style karena telah bekerjasama dengan berbagai merchant segmen life style juga untuk kebutuhan ibadah.

“Nasabah kami beberapa pakai untuk umrah juga,” tuturnya.

Umar mengaku merchant tersebar hampir di seluruh wilayah kawasan Timur Indonesia. Pasalnya, mesin EDC milik perusahaan induk yakni BNI bisa digunakan untuk transaksi iB Hasanah card.

“Berkolaborasi dengan BNI induk jadi semua teknologi sama persis yang kami pakai. Jadi semua merchant mereka bisa pakai kartu kami. Hanya bedanya dalam cip kami ada kode untuk transaksi tertentu nda bisa. Kayak minuman keras tertolak,” ujarnya.

Pimpinan BNI Syariah KCU Makassar, Hidayat Tri Wahyudi mengatakan, selain kerjasama dengan merchant, BNI Syariah kerap menggelar promo-promo menarik seperti diskon/cashback untuk transaksi, baik untuk pembelian kebutuhan sehari-hari, tiket, maupun kebutuhan lainnya. BNI Syariah juga menawarkan promo hotel, restoran, paket umroh dan paket wisata muslim.

“Melalui BNi iB Hasanah Card, BNI Syariah mengajak segenap masyarakat untuk bijak dalam mengelola keuangan, bukan mendorong konsumerisme berlebihan. Dengan adanya kartu ini, diharapkan bisa membuat masyarakat berhijrah ke yang Hasanah,” tutur Hidayat.

Hidayat juga menuturkan BNi iB Hasanah Card memiliki beberapa kelebihan dibanding kartu kredit konvensional, diantaranya adanya akad yang melandasi penerbitan kartu, sistem perhitungan ujroh/fee, pembatasan transaksi, dan kategori biaya yang muncul.

“Kartu ini hanya dapat bertransaksi di merchant halal di seluruh dunia pada merchant yang berlogo MasterCard. Jika pengguna BNI iB Hasanah Card menggunakan kartu ini untuk transaksi di merchant non halal, maka akan otomatis tertolak,” terangnya.

Untuk biaya membership dibayar sekali setahun besarnya tergantung jenis kartu yaitu Classic, Gold atau Platinum.

Selain itu ada juga biaya bulanan yang dikenakan berdasarkan besar limit kartunya dan jumlahnya tetap setiap bulan. Pengguna BNI iB Hasanah Card juga bisa mengajukan permintaan Increase Credit Limit melalui call center yang akan diproses maksimal satu hari.

Sebagai bentuk apresiasi bagi pemegang kartu, BNI iB Hasanah Card memberikan cash rebate atas pembayaran yang dilakukan. Cash rebate ini berupa diskon yang menjadi pengurang biaya bulanan. (#)