Perempuan Berhijab Raih Podium Juara di HDC Makassar

Sukmawati berhasil meraih podium Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita (HDC-10).(foto:ist)

Sukmawati berhasil meraih podium Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita (HDC-10).(foto:ist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Honda Dream Cup (HDC) 2019 Makassar berakhir, Minggu (27/10) kemarin di sirkuit non permanen Trans Studio Mall.

Ajang kebutan yang menghadirkan 173 starter di seri Makassar ini mengantarkan seorang perempuan berhijab ke podium juara.Ribuan penonton yang hadir menjadi saksi deretan juara pebalap.

Advertisment

Adalah Sukmawati yang berhasil mencuri perhatian dari berbagai kelas yang di lombakan, ia berada di kelas Matic. Sukmawati berhasil meraih podium Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita (HDC-10).

Perempuan asli Makassar berusia 18 tahun ini rupanya akrab dengan dunia automotif dan balapan sejak duduk di bangku SMP. Sukmawati mengatakan selama mengikuti ajang balap tidak pernah meraih podium di ajang bergengsi.

“Saya ga nyangka bisa raih podium di HDC ini. Awalnya ga pede, tapi pikir saya kenapa ga dicoba, siapa tahu rezeki saya. Eh Alhamdulillah bisa raih podium”, ujar Sukmawati.

Pada HDC tahun ini mulai dilombakan kelas matik untuk menampung minat yang tinggi dan di dalamnya ada kelas matik wanita yakni kelas Honda Matic Standar s/d 130cc Open (HDC-9), Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita (HDC-10).

Kepala Wilayah Astra Motor Makassar Thamsir Sutrisno mengungkapkan bahwa HDC tahun ini mendapat peningkatan jumlah starter dari tahun sebelumnya, tahun ini total starter untuk HDC mencapai 173 peserta, terbukti bahwa antusias dan bakat pebalap muda Sulawesi begitu tinggi.

“Saya bangga sekali dengan pebalap-pebalap muda Sulawesi, Tangguh dan Berani. Para juara disini akan punya kesempatan besar untuk ikut di putara final HDC. Semoga para juara di seri Makassar ini akan menorehkan prestasi pada putaran final HDC nanti”, ujar Thamsir.

Honda juga menghadirkan pebalap binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) Ahwin Sanjaya dan Luki Hardiansyah yang hadir pada saat race. Duo pebalap ini merupakan putra asli Sulawesi Selatan yang berkiprah di kancah balap Internasional. Ahwin yang ditemui di sela-sela balapan mengungkapkan rasa senangnya kembali ke kampung halaman.

“Seneng bisa pulang ke Sulawesi dan ngeliat bakat-bakat pebalap muda disini yang keren banget, aku yakin mereka nanti bisa menang di tingkat Nasional bahkan dunia”, ujar Ahwin.

Sementara Thamsir menjanjikan kedepannya Honda akan mengadakan acara-acara balap yang lebih meriah lagi.

“Sulawesi mulai disorot dunia karena prestasi pebalapnya di ajang International, kami semua bangga dengan para pebalap muda Sulawesi, kedepan kami siap mengadakan acara serupa yang akan membawa nama baik Sulawesi di ranah Nasional & International”, pungkas Thamsir.(#)