Pasar Otomotif 2020 Diprediksi Semakin Membaik

Indonesia Internasional Motor Show (IMSS) akan kembali akan dihelat di Makassar.

Indonesia Internasional Motor Show (IMSS) akan kembali akan dihelat di Makassar.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pasar otomotif tahun 2020 diprediksi semakin membaik. Gaikindo menargetkan penjualan otomotif dapat naik 5 persen dari target 2019 sebesar 1 juta unit menjadi 1.050.000 unit.

Branch Manager Dyandra Promosindo Makassar, Helmy Mustamin mengatakan, optimisme ini didorong dengan semakin membaiknya pembangunan infrastruktur yang diyakini dapat memberi dampak pada naiknya kebutuhan ragam jenis kendaraan.

Advertisment

Selain itu turunnya tingkat suku bunga juga bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk melakukan pembelian kendaraan.

Memanfaatkan hal tersebut, Indonesia Internasional Motor Show (IMSS) akan kembali akan dihelat di Makassar.

“Kita optimis industri otomotif 2020 akan lebih baik dari 2019. Tahun ini, IIMS Makassar ditargetkan bisa membukukan transaksi Rp300 miliar dengan pengunjung 35 ribu,” kata Helmy, kemarin.

Artinya, pameran yang telah memasuki usia 9 tahun dihelat di Makassar ini ditarget meningkat dari pencapaian tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2019 IIMS berhasil membukukan Rp280 miliar dengan mampu menggaet pengunjung 33 ribu lebih.

“Alhamdulillah 2019 kita juga membukukan peningkatan pencapaian tinggi, jika dibandingkan 2018 yang pencapaian hanya Rp24 miliar dengan pengunjung 26 ribu,” beber Helmy.

Tahun ini optimismenya akan lebih baik. Apalagi dihelat lebih cepat dari tahun sebelumnya, yaitu 15-19 April 2020. Event ini sengaja dibuat lebih cepat untuk menyasar tren masyarakat Makassar yang biasanya senang membeli mobil baru untuk digunakan lebaran. Sebab pelaksanaannya sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

“Termasuk masyarakat yang ingin ganti mobil baru,” katanya.

Projetc IIMS Jakarta 2020, Rudi MF, menambahkan, Sulsel ini merupakan wilayah yang sangat luar biasa dengan melihat pertumbuhan ekonomi yang selalu baik.

Seiring dengan itu pula, infrastruktur seperti pembangunan jalan dan jembatan terus dibenahi. Sehingga itu sangat mendukung laju industri otomotif.

Di Makassar sendiri, IIMS ditargetkan bisa menarik diler sebanyak-banyaknya. Baik roda empat, maupun roda dua. Termasuk, kata dia, Dyndra Promosindo selaku event organizer (EO) juga menyiapkan tempat untuk kendaraan listrik.

“Mobil listrik masih butuh proses. Apalagi di Makassar masih susah, infrastruktur juga belum mendukung. Tapi kita komitmen untuk menghadirkan mobil listrik di IIMS,” pungkasnya. (***)