Lark, Platform Kolaborasi jadi Solusi Perusahaan Tingkatkan Produktivitas Kerja

Lark, platform kolaborasi terintegrasi hadir dengan berbagai fitur yang memungkinkan setiap karyawan untuk bekerja dan saling berkolaborasi tanpa hambatan jarak dan waktu.

Lark, platform kolaborasi terintegrasi hadir dengan berbagai fitur yang memungkinkan setiap karyawan untuk bekerja dan saling berkolaborasi tanpa hambatan jarak dan waktu.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pandemi COVID-19 memberikan tantangan baru bagi bisnis dan menuntut perusahaan di seluruh Indonesia, termasuk Makassar melakukan transformasi digital.

Dengan adanya pembatasan interaksi fisik dan penerapan bekerja dari rumah, semua individu juga harus dengan cepat menyesuaikan diri dengan pola kerja baru agar tetap produktif dan menghasilkan untuk kemajuan perusahaan.

Advertisment

Lark, platform kolaborasi terintegrasi hadir dengan berbagai fitur yang memungkinkan setiap karyawan untuk bekerja dan saling berkolaborasi tanpa hambatan jarak dan waktu. Seiring makin banyaknya platform meeting sejenis yang sudah lebih dahulu hadir di Indonesia, Lark menjadi pilihan alternative yang lebih  komplit.

Hal ini dibutuhkan, agar karyawan dapat menyesuaikan diri dengan pola kerja baru dan tetap produktif untuk menghasilkan kualitas pekerjaan yang dibutuhkan dalam memaksimalkan performa perusahaan.

Kepala Bappeda kota Makassar, Andi Khadijah Iriani, menyebutkan bahwa hingga triwulan ketiga, kota Makassar mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi yang cukup tajam dari 8,7% menjadi 2,8%.

Hal ini mendorong Pemerintah Provinsi Sulsel untuk terus melakukan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara memaksimalkan transformasi digital guna membangkitkan sektor UMKM di tengah lesunya daya beli.

Senada DR. Devie Rahmawati Peneliti Sosial dan Komunikasi, meyakini bahwa situasi pandemi COVID-19 menjadikan pertumbuhan ekonomi dan bisnis berbasis data digital bukan lagi sebuah masa depan, melainkan masa kini.

Maka setiap perusahaan, baik korporasi, perusahaan rintisan (startup) maupun UMKM harus membuka mata untuk memulai transformasi cara bekerja digital.

“Transformasi digital dapat menjadi kekuatan untuk maju bagi sebuah perusahaan. Dengan penerapan teknologi yang tepat akan memberikan peluang bagi sebuah perusahaan untuk dapat bergerak lebih cepat dan produktif, “ucap Devie.

Namun dalam penerapannya kata Devie, dibutuhkan komitmen dari perusahaan untuk secara konsisten melakukan perubahan.

Hasilnya, transformasi digital harus mampu meningkatkan produktivitas. Kinerja pegawai menjadi lebih efektif dan efisien, seperti kemampuan untuk bekerja di manapun dan kapanpun, serta meningkatnya proses komunikasi, dan kolaborasi.

Lark diciptakan untuk dapat membantu perusahaan agar tetap produktif. Lark menyediakan berbagai fitur seperti Messenger, Video Conference, Docs & Sheets, Penyimpanan Cloud, Kalender, Mail yang terintegrasi, serta fitur real-time translation dalam beberapa pilihan Bahasa seperti, Bahasa Indonesia, Cina, Korea, Jepang, Prancis, Portugis Brasil, Jerman, Hindi, Italia, Rusia, Spanyol, Thailand, dan Vietnam.

Hal ini juga meliputi penerapan dan pengoptimalan pemanfaatan teknologi yang tepat dalam ruang lingkup tempat kerja dan cara mereka bekerja, sehingga mampu menjembatani seluruh hal yang dibutuhkan untuk tetap produktif kapanpun dan dimanapun, terlebih di situasi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 saat ini dimana perusahaan perlu melakukan pembatasan kehadiran karyawan atau penerapan bekerja dari rumah.

Platform kolaborasi Lark dapat menjadi solusi bagi tantangan yang dihadapi bisnis. Lark dapat mempertemukan seluruh pihak terkait pada suatu perusahaan untuk saling berinteraksi di dalam satu platform. Salah satu fitur utama yang dapat bermanfaat untuk proses bekerja yaitu Lark Video Call yang memungkinkan melakukan konferensi video secara gratis dan dapat menampung hingga 100 peserta.

Untuk sarana komunikasi Lark menyediakan Lark Messenger, yang didesain untuk dapat memaksimalkan komunikasi dengan kapasitas sampai dengan 5.000 anggota. Lark Messenger juga dapat digunakan untuk menelepon, memeriksa jadwal meeting, atau deadline pekerjaan, hingga mengirim dokumen. Dan untuk mempermudah proses komunikasi, Lark Messenger dapat menterjemahkan pesan secara otomatis dari lebih dari 100 bahasa ke dalam bahasa Inggris, Cina, Jepang, dan Thailand.

Sementara itu dengan fitur Lark Docs dan Lark Sheets, karyawan dapat membuat dan mengedit dokumen kapan saja dan dimana saja. Fitur sharing docs, juga memungkinkan karyawan untuk mengakses dokumen, melakukan perubahan, atau memberikan komentar secara real time.

“Lark merupakan platform kolaborasi dengan berbagai fitur yang terintegrasi, sehingga segala pekerjaan dapat dilakukan dalam satu platform. Lark dapat diakses dengan berbagai perangkat digital, seperti laptop, komputer, maupun ponsel, ” Tutup Suryanto Lee, Senior Professional Service Consultant Lark.

Lark tersedia dalam versi website yang dapat diakses di Windows, dan MAC, serta versi aplikasi untuk Android dan IOS. Saat ini, Lark tersedia dalam 11 bahasa tampilan, termasuk Bahasa Indonesia. (***)