Pemprov Segera Bentuk Tim Obligasi Daerah

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan serius memanfaatkan peluang penerbitan obligasi daerah. Terlebih obligasi daerah ini bisa menjadi solusi pembiayaan beberapa proyek infrastruktur.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Andi Arwin Azis mengungkapkan, dalam waktu dekat ini segera membahas pembentukan tim obligasi daerah. Sebab dari tahun lalu, permintaan untuk membentuk tim ini sudah ada.

Advertisment

” Sampai sekarang, kami masih menyusun kemudian bekerja untuk membentuk tim terkait dengan obligasi ini. Ini menjadi penting dalam hal ini menjaga kinerja keuangan kita supaya bisa lebih baik, selain tentunya kemampuan fiskal dan sebagainya” kata  Andi Arwin.

Andi Arwin menyebutkan pihaknya akan kembali bertemu dengan Bappeda dan Biro Bina Perekonomian untuk membahas bersama-sama pembentukan tim tersebut.

“Segera, mungkin pekan depan kami akan melakukan pertemuan. Ada langkah konkrit dan tahapan yang harus dipenuhi dan butuh waktu,” ujar Andi Arwin.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan konsultasi dengan pemerintah dalam hal ini kementerian keuangan dan telah melakukan evaluasi dan monitoring. Memang ada beberapa kendala diantaranya masalah infrastruktur.

Kendala ini terkait dengan aturan yang harus dipenuhi, sedangkan pihaknya belum dapat memenuhi sementara ini.

“Inilah yang ingin kami penuhi secara keseluruhan sehingga dapat  dijadikan dasar kemudian dilakukan penerbitan obligasi tersebut.” ujarnya lebih jauh.

Terkait infrastruktur yang dapat dibiayai dengan obligasi, lebih jauh Andi Arwin menyebutkan yaitu infrastruktur yang mungkin secara kemampuan keuangan terbatas fna dengan obligasi daerah ini bisa membantu dalam hal pembiayaan. (**)