Dua Puskesmas di Makassar ini Jadi Pilot Project Aplikasi Mobile JKN

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperkenalkan Fitur Pendaftaran Berbasis Online di Puskesmas Pampang Makassar dan Puskesmas Perumnas Antang, Kamis 22 Februari 2018.

Keduanya menjadi pilot project dari total 46 Puskemas yang ada di Makassar dan 22 secara nasional.

Advertisment

” Tentu tidak mudah memilih keduanya, beberapa kriteria menjadi penilaian, mulai dari kesiapan fasilitasnya dan SDM, memiliki dokter umum, terakreditasi, dan berniat betul-betul akan memperbaiki layanan, harapan kami semua puskesmas di Makassar bisa gunakan aplikasi ini, “ujar Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Wahyuddin Bagenda disela-sela meresmikan sistem Mobile JKN, Kamis 22 Februari 2018.

Wahyuddin menambahkan, sistem antrian online melalui aplikasi mobile JKN diyakini menjadi solusi mengatasi penumpukan antrian peserta pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Pasalnya, selama ini peserta yang datang di FKTP kerap tak mendapat kepastian waktu pelayanan, sehingga waktu yang dimiliki peserta terbuang sia-sia untuk menunggu.

” aplikasi ini memberi kemudahan untuk mendaftar tanpa harus datang lagi ke FKTP,” tambah Wahyuddin.

Tidak hanya terkait pendaftaran, mobile JKN juga memudahkan peserta mengakses fitur-fitur lain seperti, merubah data peserta, pindah kelas dan faskes, kemudahan mengetahui informasi data peserta keluarga, kemudahan melakukan pembayaran iuran peserta, kemudahan mendapatkan pelayanan di FKTP dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) dan kemudahan menyampaikan keluhan, pertanyaan dan jawaban.

Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra dan Ambon ( Sulselbartramal ), I Made Puja Yasa, menambahkan, kedepan sistem ini akan dikembangkan lebih luas lagi untuk bisa diakses peserta JKN-KIS di wilayah Sulselbartramal.

” Kami berharap dengan fitur ini masyarakat bisa lebih terbantu mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan,”harap Puja.

Puja menyebut, saat ini kedeputian Wilayah Sulselbartramal telah melakukan uji coba pendaftaran layanan aplikasi mobile JKN di enam fasilitas kesehatan yaitu, Puskesmas Antang Perumnas, Puskesmas Pampang, Puskesmas Wara, Puskesmas Wara Utara (Palopo), Puskesmas Rijali dan Puskesmas CH Tiahahu (Ambon).

Hadir Deputi Direksi Wilayah Sulselbartramal, I Made Puja Yasa, Kepala Cabang Makassar, Unting Patri Wicaksono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, A Naisyah Tun Azikin, dan Kepala Puskesmas Pampang, Sugiarti Buhani. (**)