85 Produk Unggulan Bakal Mejeng di FTI UMI-Apindo Business Summit 2018

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Sebanyak 85 produk unggulan UKM dan IKM turut memamerkan produknya di gelaran FTI UMI -APINDO Business Summit 2018” yang diselenggarakan 18-19 April 2018 di Pelataran FTI UMI di Kampus II UMI Jl Urip Sumoharjo, Makassar.

Selain pameran produk binaan APINDO dengan jumlah kurang lebih 40 pengusaha industri kreatif, event ini juga menggelar panggung inspirasi bisnis dimana para pengusaha akan berbagi kiat memulai bisnis, produksi, branding bisnis, hingga memarketingkan bisnis di era digital.

Advertisment

Tak hanya pengusaha, FTI UMI-APINDO Business Summit 2018 juga dibuka untuk umum utamanya pelajar dan mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Makassar.

Ketua APINDO Makassar, Ir. Muammar Muhayang, ST, IPM mengatakan, APINDO selalu mendorong percepatan lahirnya pengusaha dari kalangan mahasiswa.

Dikatakan Muhayyang, FTI UMI-Apindo Business Summit 2018 menjadi event akbar kewirausahaan dan kolaborasi pertama antara asosiasi pengusaha dan perguruan tinggi untuk mengedukasi dan memameran produk-produk unggulan UKM.

Kegiatan ini selain memberikan inspirasi bisnis, juga akan mengajak mahasiswa praktik langsung berbisnis serta belajar memarketingkan produk ala style millennial.

Para pengusaha yang tergabung dalam APINDO dan beberapa asosiasi lain lanjutnya, selain hadir melihat potensi UKM yang akan dipasarkan di pasar luar juga akan berkolaborasi dengan Fakultas Teknologi Industri ber-FGD ria dalam menyusun kurikulum technopreneurship/entrepreneurship ciri khas FTI.

Tak ketinggalan, Human Resources Community Makassar juga akan ikut berpartisipasi memetakan potensi soft skill dan matching job dalam mendukung akselerasi para mahasiswa untuk sukses di dunia kerja dan kewirausahaan.

” Ini masuk program kerja APPINDO sasarannya membuka lapangan kerja,”ujar Muhayyang dalam Press Conference di Cafe Coffe Lovers, Rabu 4 April 2018.

Dia menambahkan Apindo juga akan menghadirkan Bisnis Coaching untuk mahasiswa serta konsultasi HRD oleh Ketua Forum HRD Ida Mulyani yang akan mengajarkan bagaimana cara membuat lamaran dan berbagi tips untuk menghadapi proses interview di perusahaan besar maupun perusahaan asing.

Sementara itu, Dekan FTI UMI, Zakir Sabara menambahkan, dosen FTI UMI juga akan mengikuti Focus Grup Discussion (FGD) bersama 60 Perusahaan di Kota Makassar untuk menggodok kurikulum Kewirausahaan.

Dia berharap mahasiswa FTI tidak hanya mampu bekerja di perusahaan tapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

” Untuk mendukung pencapaian FTI UMI sebagai Kampus Digital dan Entrepreneurship, kita akan helat Focus Group Discussion Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan dengan para pengusaha dari berbagai perusahaan di Kota Makassar, “tambah Dekan FTI UMI Zakir Sabara HW.

Tidak hanya pameran produk, berbagai kegiatan juga turut menyemarakkan acara tersebut antara lain Lomba Viral Video/Foto di Medsos dengan tema Entrepreneurship, Lomba Stand Up Comedy tema Saatnya Jadi Pengusaha, Peragaan Busana Muslimah Produk UKM dalam rangka hari Kartini.

Hadir Ketua Forum Komunikasi HRD Sulawesi Selatan, Ida Mulyani Said, Dekan FTI UMI Ir. H. Zakir Sabara,HW, ST, MT, IPM, ASEAN Eng, hadir pula jajaran APINDO Makassar, Forum HRD, para Dosen, dan Pengurus Lembaga Mahasiswa se FTI UMI. (**)