Reparasi Mobil dan Sepeda Motor Berkontribusi Sebesar 15.02 Persen 

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel merilis Perekonomian Sulawesi Selatan yang diukur berdasarkan  besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan I 2018 mencapai Rp 108,65 Triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 73,05 Triliun.

Ekonomi Sulawesi Selatan triwulan I 2018 tumbuh 7,41 persen (yoy). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 15.02  persen.

Advertisment

“Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi
dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga  Non Profit yang Melayani Rumah Tangga yang  tumbuh pesat sebesar 22,53 persen,”terang Didik Nursetyohadi, Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan.

Sedangkan Ekonomi Sulawesi Selatan Triwulan I 2018 meningkat terhadap triwulan sebelumnya sebesar 0,27 persen (qtoq).

Dari sisi produksi, pertumbuhan ini disebabkan oleh faktor musiman pada Lapangan Usaha Pertanian,  Kehutanan dan Perikanan yang tumbuh 12,58 persen.

“Sementara itu, dari sisi pengeluaran disebabkan oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga yang tumbuh sebesar 15,92 persen,”jelas Didik. (**)