Saat Musim Kemarau di Leko Pancing, 60 Ribu Pelanggan Krisis Air

Sumber air 60 ribu pelanggan di Makassar berasal dari bendungan Leko Pancing yang terletak di Desa Pucak, Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Maros.

Sumber air 60 ribu pelanggan di Makassar berasal dari bendungan Leko Pancing yang terletak di Desa Pucak, Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Maros.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Sumber air 60 ribu pelanggan di Makassar berasal dari bendungan Leko Pancing yang terletak di Desa Pucak, Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Maros.

Tidak mudah untuk sampai ke Makassar sebelum diolah menjadi air bersih, hasil suplai air yang bergerak dari Maros menuju Makassar harus menempuh jarak 28 KM.

Advertisment

Tidak hanya itu, enam kecamatan akan merasakan dampaknya jika bendungan ini mengalami kekeringan, utamanya Makassar bagian utara dan timur ( Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea, Tallo, Ujung Tanah, Wajo dan Kecamatan Bontoala).

” Normalnya bendungan ini mensuplai air sekitar 1.200-1.250 liter/detik, tapi jika kemarau tiba akan mengalami penurunan sekitar 800-900/liter/detik,”ujar Kepala Bagian Humas PDAM Makassar, M Idris Tahir saat mengajak Jurnalis Makassar mengunjungi Leko Pancing baru-baru ini dalam kegiatan Tour Press and Gathering HUT PDAM.

M Idris menyebut, dari sinilah sumber Instalasi Penjernihan Air (IPA) II Panaikang berasal. Dimana saat ini kondisi air masih stabil, stok masih cukup. Diperkirakan Oktober musim kemarau akan datang.

Saat musim kemarau tiba, bendungan Leko Pancing bisa mengalami penurunan drastis suplai air hingga 60 persen atau hanya mampu mensuplai 300 atau 600 per liter dari 1.350-1500 per detik air baku.

Padahal air dari bendungan Leko Pancing menjadi sumber kehidupan 60 ribu pelanggan di Kota Makassar.

Namun, PDAM sudah punya antisipasi saat debit air di Bendungan Leko Pancing berkurang. Suplai airnya akan diambil dari Sungai Moncongloe.

” Harapan satu-satunya jika kemarau kita ambil dari Sungai Moncongloe yang bisa menutupi maksimal 1100/liter/detik air baku jadi ketika sampai jadi air bersih paling sudah 600-700 liter per detik,”tambahnya.

Sekedar diketahui, kunjungan ke bendungan dan Instalasi Penjernihan Air (IPA) jadi agenda HUT PDAM ke-94.

Rute awal Tour Press and Gathering HUT PDAM dimulai di Bendungan Leko Pancing, Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, selanjutnya ke Instalasi Penjernihan Air (IPA) V Somba Opu Jalan Malino, dan Terakhir Instalasi Penjernihan Air (IPA) III Maccini Sombala.

” Total ada lima IPA yang kita miliki, IPA I Ratulangi, IPA II Panaikang, IPA III Maccini Sombala, IPA IV Daeng Tata dan IPA V Somba Opu,”kata M Idris. (**)