Di Sulsel, Pupuk Kaltim Salurkan 214.310 Ton Urea Subsidi

Pupuk Kaltim memberikan edukasi terkait penyaluran dan stok pupuk subsidi kepada insan media yang ada di wilayah pemasaran Pupuk Kaltim.

Pupuk Kaltim memberikan edukasi terkait penyaluran dan stok pupuk subsidi kepada insan media yang ada di wilayah pemasaran Pupuk Kaltim.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pupuk Kaltim memberikan edukasi terkait penyaluran dan stok pupuk subsidi kepada insan media yang ada di wilayah pemasaran Pupuk Kaltim.

Edukasi dilaksanakan melalui kegiatan Sosialisasi Product Knowledge dan Media Tour yang rutin dilakukan setiap tahun.

Advertisment

Kali ini kegiatan dilaksanakan di Hotel Myko and Convention Center Makassar pada 4 September 2018.

Superintendent Pemasaran PSO 2 Pupuk Kaltim Slamet Sunardi mengatakan, untuk menjaga stok aman yang telah ditentukan oleh SK Menteri Pertanian, pengadaan pupuk bersubsidi selain dari pusat produksi di Bontang, Kaltim juga akan dipasok dari beberapa Distribution Center (DC) yang tersebar di Makassar.

“Proses pendistribusian pupuk bersubsidi dilakukan menggunakan distribusi pupuk bersubsidi secara tertutup dengan sistem distribusi Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), sehingga untuk memperoleh pupuk, petani diwajibkan menyusun RDKK,” jelas Slamet.

Staf Pelayanan & Komunikasi Produk Pupuk Kaltim Angga Andhika Putra menambahkan, kegiatan antisipatif lainnya yang terus dilakukan Pupuk Kaltim yaitu dengan meningkatkan sistem monitoring stok dengan penggunaan aplikasi Distribution Planning and Control System (DPCS).

Selain itu, Pupuk Kaltim juga menyediakan jaringan bebas pulsa untuk petani, kios resmi dan distributor yang ingin menyampaikan keluhan dan saran guna meminimalisir adanya permasalahan yang timbul terkait penyaluran pupuk bersubsidi. “Silahkan menghubungi nomor 0800-100-6789,” jelas Angga.

Pupuk Kaltim sebagai anak Perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) telah menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai instruksi dari Pemerintah.

Untuk kabupaten Sulawesi Selatan, hingga 31 Agustus 2018, Pupuk Kaltim telah menyalurkan 214.310 ton Urea subsidi atau 77% dari alokasi SK Menteri Pertanian RI sebesar 277.880 ton.

Dalam mengamankan distribusi pupuk subsidi dan mencegah terjadinya penyimpangan penyaluran di lapangan, Pupuk Kaltim telah meningkatkan stok di daerah melebihi dari ketentuan yang berlaku. (**)