Diguyur Rp500 Miliar, Menhub Targetkan Bandara Buntu Kunik Toraja Selesai 2019

Menhub Budi saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Makassar dan lokasi pembangunan Makassar New Port (MNP), Rabu 12 September 2018.(foto:djournalist)

Menhub Budi saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Makassar dan lokasi pembangunan Makassar New Port (MNP), Rabu 12 September 2018.(foto:djournalist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjanjikan penyelesaian Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja akan segera rampung 2019.

Demikian dikatakan Menhub Budi saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Makassar dan lokasi pembangunan Makassar New Port (MNP), Rabu 12 September 2018.

Advertisment

Target pengerjaan Bandara Buntu Kunik ditegaskan Budi tahun depan 2019 sudah selesai. Dan ia berharap tahun 2020 sudah bisa beroperasi dan masyarakat bisa menikmati penerbangan di Bandara terebut.

Dimana pemerintah kembali menggelontorkan dana sebesar Rp500 miliar dari APBN untuk menyelesaikan pembangunan bandara ini dengan panjang 1.600, sementara anggaran dari APBD nantinya akan dibuat untuk membuat jalanan akses baru sepanjang 9 kilometer.

“Kita optimis jika bandara tersebut bisa beroperasi dan masyarakat bakal menikmati transportasi udara yang baru di Toraja”kata Budi.

Budi mengatakan, salah satu penyebab utama lamanya proses pengerjaan bandara ini dikarenakan struktur alam lokasi bandara yang berada di area perbukitan.

” Kendalanya teknisnya cukup barat dan kita bisa atasi dengan teknologi, Tidak mudah (membangun). Ada gunung sungai, struktur berat dan pekerjaan harus lama,” sambungnya.

Menhub Budi Karya Sumadi berharap, pelaksanaan dan pengawasan dari Forkopimda agar dikerjakan dengan sebaik-baiknya. (**)