Pelindo IV-Pemprov Sulsel Direct Call Perdana ke Eropa-Amerika

PT Pelindo IV bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan direct call perdana dari Makassar ke Eropa dan Amerika, Jumat 2 November 2018.(foto:djournalist)

PT Pelindo IV bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan direct call perdana dari Makassar ke Eropa dan Amerika, Jumat 2 November 2018.(foto:djournalist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – PT Pelindo IV bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan direct call perdana dari Makassar ke Eropa dan Amerika, Jumat 2 November 2018.

“Ini adalah direct call perdana dari Makassar langsung ke Eropa dan Amerika. Sebelumnya, ekspor langsung ke dua benua tersebut harus melalui Surabaya dan Jakarta,” ujar Farid.

Advertisment

Dia menyebutkan, direct call tersebut pihaknya melepas 11 kontainer berisi komoditas Rumput Laut, Kayu Olahan dan Biji Kopi untuk dikirim langsung ke Eropa dan Amerika dengan negara tujuan yaitu Spanyol, Perancis, Belanda dan Amerika Serikat.

“Sebanyak 11 kontainer komoditas asal Sulsel yang dikirim langsung dari Makassar pada hari ini hanya untuk tahap awal. Kedepan, tentunya jumlah tersebut akan terus ditingkatkan. Apalagi, kapasitas terpasang MNP cukup besar. Untuk Tahap I Paket A saja bisa mencapai 500.000 TEUs,” tukas Farid.

Sebelumnnya, Pelindo IV dan pemerintah Sulsel melakukan soft launching salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Makassar New Port Tahap I Paket A senilai Rp2,51 triliun pada Jumat, 2 November 2018.

Kolaborasi yang efektif dari semua pihak diharapkan mampu mewujudkan kelancaraan distribusi barang yang merata di seluruh Negeri, menciptakan harga yang stabil dan terjangkau, memenuhi kebutuhan serta menciptakan dan menaikkan daya beli masyarakat.(**)