Kunjungan Wisman ke Sulsel Turun 23,86 Persen

Kunjungan Wisman ke Sulsel Turun 23,86 Persen.

Kunjungan Wisman ke Sulsel Turun 23,86 Persen.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Jumlah Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang datang melalui pintu masuk Makassar pada November 2018 mencapai 1.171 kunjungan.

Jumlah Wisman tersebut mengalami mengalami penurunan sebesar 1,35 persen jika dibandingkan dengan jumlah Wisman pada bulan Oktober 2018 yang mencapai 1.187 kunjungan.

Advertisment

“Jika dibandingkan dengan bulan November tahun 2017, juga mengalami penurunan sebesar 23,86 persen yang mana jumlah kunjungan tersebut sebesar 1.538 persen,”terang Yos Rusdiansyah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel.

Yos menyebutkan, salah satu faktor menurunnya jumlah Wisman ke Sulawesi Selatan (Sulsel) karena berkurangnya kegiatan di Sulsel pada tahun 2018.

“Kalau di tahun 2017 itu, kami mencatat ada sekitar 18 ribu lebih Wisman yang masuk ke Sulsel, sedangkan untuk tahun 2018 hingga November tercatat baru hampir 13 ribu kunjungan, kita berharapnya angka kunjungan untuk bulan Desember meningkat, sehingga turunnya tidak jauh dari tahun 2017,”jelasnya.

Selain itu juga, Yos mengungkapkan, berkurangnya wisman ke Sulsel juga karena dipengaruhi faktor bencana alam yang melanda Indonesia khususnya di Sulawesi.

“Mereka juga berfikir dengan adanya situasi ini, mungkin memilih-milih yang secara geografis tidak ada patahan-patahan apa yang bisa menyebabkan bencana alam,”tandasnya.

Adapun lima negara dengan jumlah Wisman terbesar yang berkunjung ke Indonesia melalui pintu masuk Makassar yaitu Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Jerman dan Tiongkok

“Jumlah wisman dari lima negara tersebut berjumlah 1.036 kunjungan atau sekitar 88,47 persen dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar,”pungkas Yos.  (**)