RAFI 2019, Telkomsel Area Pamasuka Jamin Jaringan Aman

Telkomsel Area Pamasuka memaparkan terkait kesiapan jaringan yang tetap aman selama periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1440 Hijriyah.(foto:djournalist).

Telkomsel Area Pamasuka memaparkan terkait kesiapan jaringan yang tetap aman selama periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1440 Hijriyah.(foto:djournalist).

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Telkomsel Area Pamasuka menjamin jaringan akan tetap aman selama periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1440 Hijriyah.

Telkomsel menjamin kondisi jaringan minimal 2G, 3G, 4G hingga 4,9G di setiap titik, termasuk jalur mudik seperti Maros, Pangkep, Barru, Parepare ataupun Jalur Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba dan lainnya serta titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik.

Advertisment

Di wilayah Makassar akan ditempatkan di Pasar Senggol, Masjid Al Markas, Pelabuhan Nusantara dan Kantor Walikota.

Upaya tersebut demi memberikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan setianya periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI).

Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka, Ronny Arnaz mengatakan, RAFI tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 14% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 60 % jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu.

Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun pelanggan saat ini didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

Di samping itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi seperti direktori kuliner, hotel , tempat wisata dan beragam aktivitas sosial media yang tidak terbatas pada waktu dan tempat , serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan games.

Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar-2% dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar-25% dibanding hari normal.

Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS.

Sementara Vice President ICT Network Management Telkomsel Area Pamasuka – Samuel Pasaribu mengatakan, kenyamanan pelanggan Telkomsel di wilayah Pamasuka dalam berkomunikasi di periode RAFI 2019 didukung sekitar 44. 285 BTS di seluruh wilayah Pamasuka termasuk sekitar 14.800 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

“Hal ini membuka peluang lebih besar bagi masyarakat yang belum bisa menikmati 4G menjadi menikmati layanan broadband bagus dan berkualitas,” papar Samuel Pasaribu di acara Jumpa Pers dan Buka Puasa Bersama di Lantai 5 Baruga Telkomsel, Jl AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 10 Mei 2019.

Menurutnya, Kkualitas jaringan merupakan prioritas utamanya dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI.

Pasalnya, dari mulai awal tahun 2019 sampai saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri ini Telkomsel Area Pamasuka telah mengimplementasikan 2020 New BTS 4G di seluruh pita frekuensi. Dengan hadirnya new BTS 4G tersebut pihaknya menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima. (***)