Bongkar Muat di MNP Naik 17℅

Makassar New Port.

Makassar New Port.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pada liburan Natal dan Tahun Baru lalu, PT Pelindo mencatat pelayanan bongkar muat barang di pelabuhan baru yang akan menjadi pelabuhan terbesar di KTI ini terus mengalami peningkatan hingga 17% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Makassar New Port, Edy Nursewan menuturkan, meskipun masih dalam masa Pandemi Covid-19 tetapi arus bongkar muat barang dan operasional pelayanan kapal di MNP tidak mengalami gangguan yang cukup berarti.

Advertisment

“Kami selalu siap melakukan pelayanan selama 1 x 24 jam dan 7 hari dalam seminggu,” katanya.

Bahkan Edy mengakui, di masa Pandemi Covid-19 ini operasional layanan bongkar muat barang di MNP justru mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurutnya, Pandemi Covid-19 tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja bongkar muat di MNP.

“Namun, kami tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sesuai anjuran Pemerintah, utamanya bagi para petugas di lapangan,” ujarnya.

Hingga saat ini kata dia, semua peralatan yang ada di MNP dalam kondisi yang perform.

“Mulai dari container crane, RTG, Head Truck dan chassis, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM),” tegas Edy.

Rata-rata setiap bulan pihaknya melayani 30 call kapal.

“Kapal-kapal yang masuk melakukan bongkar muat barang kebutuhan pokok, serta juga barang-barang untuk konstruksi, “tambahnya

Diketahui, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) hingga 5 Januari 2021 sudah menyelesaikan 63,75% progress pembangunan Makassar New Port (MNP) tahap lanjutan 2019 – 2022.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan, secara total pembangunan Pelabuhan Baru Makassar tersebut akan rampung pada sekitar akhir 2022 mendatang.

Menurutnya, meski tahun lalu pihaknya juga dikepung oleh Pandemi Covid-19 yang masih berlanjut hingga saat ini, namun Perseroan tetap mengebut pembangunan MNP agar pengerjaannya bisa kelar sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Untuk tahap 1 A sudah rampung dan beroperasi sejak awal November 2018. Kemudian dikebut lagi Tahap 1 B dan 1 C,” terangnya.(***)