Puluhan Warga Ikuti Sosialisasi Kebermanfaatan Peserta BPJS Ketenagakerjaan bersama Aliyah Mustika

Anggota Komisi lX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham memberikan bantuan keanggotaan iuran gratis selama 3 bulan untuk peserta yang menghadiri sosialisasi kebermanfaatan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di hotel DMaleo. (Foto:ist)

Anggota Komisi lX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham memberikan bantuan keanggotaan iuran gratis selama 3 bulan untuk peserta yang menghadiri sosialisasi kebermanfaatan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di hotel DMaleo. (Foto:ist)

MAKASSAR,DJOURNALIST.com Anggota Komisi lX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham gelar sosialisasi kebermanfaatan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bersama Tokoh masyarakat kota Makassar.

Kegiatan yang digelar di Hotel Maleo, Kamis (31/3) turut dihadiri Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Adisafah Curmakosasi serta Titik Sriwahyuni selaku pemateri sosialisasi jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Advertisment

“Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan miliki banyak kebermanfaatan. Yang mana jaminan sosial ini diperuntukan bagi yang sudah bekerja,” terang Aliyah.

Apalagi, sambung dia, sebagian besar peserta  yang hadir dalam sosialisasi ini, mungkin belum mendapatkan BPJS ketenagakerjaan.

“Sehingga pada kesempatan ini juga, kami memberikan bantuan keanggotaan iuran gratis selama 3 bulan untuk peserta yang menghadiri sosialisasi hari ini,” terangnya.

Dia menambahkan, kebermanfaatan dari BPJS Ketenagakerjaan dapat dinikmati pekerja Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri.

“Semua pekerja wajib mendapat BPJS Ketenagakerjaan, dalamnya ada program jaminan pensiun, jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja dan manfaat perlindungan peserta yang meninggal dunia bagi kepesertaan yang aktif,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemateri sosialisasi jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Titik Sriwahyuni menjelaskan jaminan kecelakaan kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja.

Termasuk diantaranya kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju ke tempat kerja atau sebaliknya, hingga perjalanan dinas.

“Sehingga kami berharap, melalui sosialisasi ini, bisa mengedukasi masyarakat pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,”

Ia menambahkan tahun lalu, total iuran yang dibayarkan BPJS Ketenagakerjaan pada jaminan kecelakaan, kerja sebanyak Rp16 M, sementara jaminan kematian sebesar Rp24 M selama 2021.

Sekadar diketahui, sosialisasi tersebut diikuti puluhan peserta dan nampak berjalan alot. (**)