Ajiep Sebut Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Mudah Goyah, Ini Penyebabnya

Ajiep Padindang.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sulawesi Selatan, Ajiep Padindang menyebut pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terbilang cukup bagus. Hanya saja, pertumbuhan ekonomi Sulsel masih rawan terjadi penurunan.

Ajiep mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), 60 persen dari pertumbuhan ekonomi Sulsel ditopang dari kontribusi PT Vale.

Advertisment

“Jadi ekonomi Sulsel itu sesungguhnya sangat rawan gampang goyah, sehingga Pemprov dan DPRD tidak boleh terbuai dengan angka pertumbuhan ekonomi yang kelihatan bagus, karena salah satu penyumbang terbesar adalah PT Vale yaitu produksi Nikel,”ujar Ajiep saat menggelar diskusi budaya, di Red Corner, Jalan Yusuf Daeng Ngawi, Rabu 27 April 2022.

Ajiep menambahkan, harga nikel tahun ini terbilang mahal, namun di sisi lain produksi nikel cenderung menurun di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Hal itu menimbulkan isu bahwa PT Vale bakal angkat kaki dari Sulsel dan bergeser ke Sulawesi Tengah.

“Ada isu, pelan-pelan produksi nikel sengaja diturunkan, sehingga suatu waktu PT Vale ini bergeser dari Sulsel ke Sulawesi Tengah, ini ada apa?,” tutur Mantan Anggota DPRD Sulsel periode 2004-2009 ini.

Salah satu indikator menurutnya, PT Vale akan angkat kaki di Sulsel yaitu, dengan diserahkannya Bandara milik PT Vale ke Pemprov. Sementara pemeliharaan bandara cukup mahal dan belum ada kewenangan pemerintah daerah untuk mengelola bandara.

“Jadi kondisi pertumbuhan ekonomi saat ini harus menjadi perhatian khusus bagi Pemprov bersama DPRD,” jelasnya.