Lezat dan Bikin Nagih! Ini Lima Makanan yang Sering Muncul di Drama Korea

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Menonton drama korea yang sedang hangat jadi perbincangan di media sosial memang seru banget. Mulai dari jalan cerita yang romantis hingga kocak, semuanya sangat menarik untuk ditonton. Momen akhir pekan memang waktu yang cocok bagi penikmat drama korea untuk menonton drakor sambil ditemani makanan dan camilan.

Ngomong-ngomong soal drama Korea, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kuliner khas Korea Selatan yang kerap muncul dalam scene. Anda tentunya sudah tidak asing lagi kan dengan berbagai jenis makanan khas Korea yang dimakan para bintang drama yang cantik dan tampan. Hampir setiap drama selalu menampilkan makanan khas Korea yang dimakan pemainnya. Mulai dari adegan para pemainnya yang jajan di warung tenda pinggir jalan atau streetfood, hingga di kedai, dan restoran.
Biasanya, makanan yang sering muncul dalam drama tidak jauh dari tteokbokki, eomuk, ramyeon atau odeng. Hal itu membuat kuliner negeri ginseng itu semakin populer di kalangan masyarakat luar Korea. Fenomena demam makanan Korea juga terjadi di Indonesia lho. Berikut penulis telah merangkumnya untuk Anda.

Advertisment

1. Tteokbokki
Makanan Korea yang sering muncul dalam drama, yang pertama adalah tteokbokki. Jika Anda sering menonton drama Korea, pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Negeri Ginseng yang satu ini. Tteokbokki adalah semacam kue beras yang sudah dibumbui dan dimasak dengan saus gochujang pedas dan manis. Warna merahnya menggiurkan dan menggugah selera.

Tteokbokki biasanya berbentuk bulat memanjang dan banyak dijajakan di kawasan Sindang-dong di Seoul. Makanan Korea berbahan dasar tepung beras ini sudah menjadi makanan khas warga Korea sejak era Dinasti Joseon.

2. Eomuk

Makanan berikutnya yang kerap muncul di drakor adalah Eomuk. Salah satu makanan korea ini juga cukup familiar dengan sebutan fish cake. Eomuk terbuat dari ikan yang sudah dihaluskan, kemudian dicampur dengan tepung terigu serta bumbu-bumbu lainnya sehingga gurih dan lebih kaya rasa. Adonan ikan yang sudah dibentuk, selanjutnya direbus di dalam kaldu sayuran yang sudah dibumbui dengan myeolchi (teri), kecap asin, mu (lobak putih), kelp (sejenis rumput laut kering), dan berbagai rempah khas korea lainnya.
Singkatnya, eomuk adalah ikan yang sudah diolah menjadi seperti tempura dan kemudian disajikan dengan kuah kaldu dan kecap asin. Eomuk umumnya memiliki bentuk yang bervariasi. Ada yang lonjong seperti sosis, ada yang bulat, dan ada juga yang berupa lembaran lalu dibentuk seperti lipatan agar bisa menyerap kuah kaldu lebih banyak.

3. Ramyeon atau Mie Instan Korea
Ramyeon adalah salah satu makanan yang paling sering muncul di berbagai drama Korea. Cukup sering kan lihat adegan makan mi di drama Korea? Hampir di semua genre drakor pasti ada adegan para pemainnya makan mie instan. Sebenarnya ramyeon ini adalah sebutan untuk mie instan di Korea. Sama halnya seperti di Indonesia, mie instan, ramyeon bisa menjadi pilihan makanan sederhana dan siap saji yang bisa dimakan kapan pun.

Biasanya ramyeon Korea memiliki berbagai cita rasa, mulai dari yang pedas, gurih, rasa seafood dan lainnya. Ramyeon biasa disajikan dan dimakan saat masih panas. Nah, yang unik dari orang-orang Korea, biasanya mereka memakan ramyeon ini tidak dari mangkuk tapi langsung dari panci alumunium. Selain itu, ada juga istilah di drama Korea yaitu jika mengajak pasangan lawan jenis makan ramyeon, maka ini bisa diartikan sebagai ajakan romantis.

4. Hotteok

Jajanan Korea yang satu ini berbentuk bulat dan tebal seperti pancake namun berisi pasta kacang manis. Biasanya hotteok dipanggang atau digoreng dengan minyak dan enak dimakan saat masih hangat.

Kue yang harganya relatif murah ini adalah kudapan favorit saat musim dingin. Di Korea, hotteok biasa dijual di pinggir jalan untuk mengganjal perut yang lapar jika sedang ingin terburu-buru.

Adonan hotteok terbuat dari tepung terigu dan tepung beras ketan yang kemudian diencerkan dengan air, ditambah susu, gula, dan ragi. Setelah adonan dibiarkan beberapa jam, baru diisi dengan pasta manis dari campuran gilingan kacang tanah, madu dan aroma kayu manis. Selanjutnya digoreng di atas wajan datar dan ditekan agar sedikit pipih.

5. Jjajangmyeon

Selain ramyeon, ada jenis mie Korea lainnya yang juga sering muncul di drama korea, yaitu jjajangmyeon. Bedanya dengan ramyeon, Jjajangmyeon disajikan dengan saus pasta hitam yang terbuat dari fermentasi kedelai hitam sehingga rasanya lebih manis. Jjajangmyeon terinspirasi dari kuliner Tiongkok yaitu Zhajiangmian.

Rasa Jjajangmyeon agak mirip dengan mi ayam Indonesia atau mi pangsit. Jjajangmyeon biasa dicampur dengan daging dan bumbu-bumbu sehingga cita rasanya gurih dan sedikit manis. Jjajangmyeon biasanya juga disajikan dengan acar kuning untuk pelengkap.

Itulah lima makanan khas Korea yang sering muncul di drakor. Penasaran ingin mencoba makanan dan jajanan korea yang lezat dan punya cita rasa unik? Dapatkan berbagai jenis makanan dan jajanan korea original hanya di Blibli melalui promo Hallyu Festival. Dapatkan promo untuk makanan dan snack impor Korea dengan diskon menarik. Yuk, borong makanan dan jajanan Korea di Blibli sekarang juga!