Perbaiki Sanitasi Lingkungan, FIFGROUP Bangun IPAL

FIFGROUP, bekerja sama dengan Kecamatan Cilandak, dan Puskesmas Cilandak, membangun IPAL Komunal bagi 30 Kepala Keluarga di RW 08, Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Jumat, 01 Juli 2022.

JAKARTA, DJOURNALIST.com – PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, yang bergerak di bidang pembiayaan, berkomitmen membantu masyarakat dengan melakukan program peduli kesehatan dengan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal pada Jumat, 01 Juli 2022.

IPAL Komunal atau Wastewater Treatment Plant (WWTP) sendiri merupakan suatu struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut tidak membahayakan dan dapat digunakan pada aktivitas lainnya.

Advertisment

Sesuai dengan misi perusahaan yaitu “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat”, FIFGROUP, sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, berinisiatif membangun IPAL bagi 30 Kepala Keluarga di RW 08, Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kegiatan ini juga mendukung program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Program Ipal Komunal ini merupakan kolaborasi antara FIFGROUP, Kecamatan Cilandak, dan Puskesmas Cilandak dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat berkaitan dengan pentingnya sanitasi yang layak agar tingginya tingkat penyakit di suatu daerah dapat diperbaiki.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Human Capital, General Support, & Corporate Communicaton FIFGROUP, Esther Sri Harjati, yang didampingi oleh Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP, Yulian Warman, dan Deputy Division Head Corporate Communication & CSR, Robertus Benny Dwi Koestanto, serta Corporate Communication Department Head, Charles DW Simaremare. Selain itu, hadir juga Wakil Camat Cilandak, Noverra, Lurah Lebak Bulus, Jaenudin S.Sos, serta Kepala Puskesmas Cilandak, Dr. Maryati Kasiman MKK.

Dalam sambutannya, Esther mengatakan, kegiatan hari ini mendukung salah satu dari 17 Sustainable Development Goals (SDGs), tepatnya di poin ke 6 yaitu air bersih dan sanitasi layak yang merupakan salah satu goal dari Pilar Pembangunan Lingkungan, di mana tujuannya untuk menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua. “Salah satu cara sanitasi yang dapat dilakukan khususnya di lingkungan pemukiman adalah pembangunan IPAL. Sarana pembuangan air limbah ini menjadi salah satu faktor penting karena air limbah dapat menjadi sumber penyakit bagi masyarakat,” kata dia.

“Semoga apa yang dilakukan FIFGROUP hari ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan, serta turut membantu meningkatkan taraf kesehatan seluruh warga di sekitar ring 1 Kantor Pusat FIFGROUP,” tambah Esther.

Yulian, ditemui usai acara mengatakan, Ipal Komunal merupakan unsur yang sangat penting sebagai salah satu syarat menjadi kota yang bersih dan sehat. Oleh karena itu mari kita bersama – sama dan saling bekerja sama menjaga dan merawat Ipal Komunal ini, agar prilaku hidup sehat di tengah masyarakat dapat terwujud.

Wakil Camat Cilandak, Noverra, mengucapkan terima kasih kepada FIFGROUP atas program Ipal hari ini. Semoga masyarakat juga dapat menjaga keberlangsungan program dengan cara merawat Ipal ini sehingga dapat memberikan manfaat secara terus menerus.

Sri Natalia, yang merupakan warga RW 08 mengatakan : “Terima kasih banyak kepada FIFGROUP, Kecamatan Cilandak, dan Puskesmas Cilandak atas kegiatan yang sangat bermanfaat. Kami sebagai warga sungguh merasa sangat senang dan terbantu atas adanya Ipal, dan menjadi semangat untuk menjaga sanitasi di lingkungan RW 08 ini.”

Senada dengan Sri, perwakilan dari Puskesmas Cilandak, drg. Wiwikmengatakan : “Kami sungguh bahagia bisa berkolaborasi dengan FIFGROUP dan Kecamatan Cilandak, dalam upaya menjaga sanitasi lingkungan agar bersih dan sehat. Semoga kami bisa terus menjaga amanah ini dengan baik. Terima kasih FIFGROUP.”