Penjualan Naik 300%, OLX Autos Indonesia Terapkan 3C Begini Rahasia Layanannya

Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas OLX Autos.(foto:ist)

Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas OLX Autos.(foto:ist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Situasi sulit ekonomi global dimasa sekarang mendorong kita untuk pintar-pintar mengelola ekonomi. Prioritas kebutuhan harus ditetapkan secara cerdik, karena beberapa kebutuhan yang dulunya tidak penting menjadi cukup penting dimasa sekarang. Contohnya mobil. Sekarang kebutuhan terhadap kendaraan pribadi ini menjadi penting bagi kebutuhan keluarga khususnya mengantar jemput anak ke sekolah atau mobilitas keluarga baik disaat panas terik apalagi di saat musim hujan. Dan sekarang ini mejadi modal aset bisnis seperti munculnya taksi online.

Kebutuhan atas kendaraan seperti mobil tersebut dimasa sekarang seperti itu pilihannya mau tidak mau melirik mobil bekas. Namun, konsumen juga harus cermat dalam memilih layanan penjualan mobil bekas baik untuk membeli ataupun menjual. Layanan yang cepat memerlukan adaptasi teknologi berbasis platform digital, tetapi platform digital selain dituntut memudahkan juga harus menjawab keraguan atas transaksi online yaitu aman. Securitas untuk transaksi online adalah jaminan pasti yang diperlukan konsumen. Kebutuhan dan keraguan konsumen tersebut dijawab dengan OLX yang dikenal dengan aplikasi jual beli barang second.

Advertisment

Saat ini OLX Autos Indonesia hadir di Indonesia dan sudah berjalan 2 tahun ini.  Platform layanan berbasis teknologi ini menawarkan inovasi terkini dalam transaksi jual beli mobil bekas. Layanan ini menjadi komitmen dan kontribusi perusahaan untuk terus memperluas dan memperkuat ekosistem tata niaga industri otomotif di dalam negeri, serta memberikan kemudahan dan pelayanan yang aman, nyaman, mudah, dan cepat dalam hal jual mobil.

Kontribusi tersebut tercermin dari kehadiran OLX Autos sebagai official trade GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2022  sebuah event exhibition automotif bertaraf internasional untuk kedua kalinya tahun ini. Dalam 2 tahun sejak kehadiran OLX Autos pun makin mematangkan layanan kemudahan bagi konsumennya bertransaksi dengan memiliki 100 store di Indonesia.

OLX Autos terus berekspansi memperkuat ekosistem mobil bekas di tanah air dengan jaringan lebih dari 4000 mitra dan  100 Inception center di 10 kota besar yaitu Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Malang, dan Sidoarjo

Selain menjadikan We are here, and we are here to stay komitmen OLX Autos, salah satu strategi bisnis yang diterapkan memberi layanan adalah dengan menerapkan 3C yaitu cek harga, cek kondisi mobil, dan cek rekening.

Layanan 3C adalah akronim dari Cek harga, Cek kondisi mobil, dan Cek rekening. Melalui 3C, OLX Autos memberikan peace of mind kepada konsumen saat proses jual atau beli mobil bekas dengan proses inspeksi yang menyeluruh sehingga mobil bisa cepat laku  dengan penentuan harga terbaik sesuai kondisi mobil, dan juga proses pembayaran cepat.

Dengan layanan 3C proses jual beli mobil di OLX Autos menjadi mudah, dengan mengikuti langkah-langkah yakni; Cek Harga yaitu custemer harus masuk melalui website OLX Autos untuk mengecek harga pasaran kendaraan sesuai data-data mobil yang akan dijual untuk menjadi acuan kisaran harga. Lalu Cek Kondisi Mobil, dengan dukungan inspeksi yang ahli di bidangnya dan tersertifikasi, mobil dicek kondisinya secara menyeluruh untuk mendapatkan harga terbaik dan sesuai dengan kondisi kendaraan. Inspeksi mobil dimulai dari interior, eksterior dan mesin.

Mobil yang ada di OLX Autos di-inspeksi oleh inspektor yang sudah tersertifikasi oleh BNSP. Proses inspeksi dalam kegiatan jual beli mobil bekas adalah hal yang sangat penting dan bagian yang bisa menumbuhkan kepercayaan dari konsumen, jadi dibutuhkan inspektor yang berkompeten, dan memiliki keahlian di bidangnya. Langkah terakhir adalah Cek Rekening.  Setelah mendapatkan harga yang disetujui, proses pembayaran dapat cepat langsung ditransfer ke rekening konsumen.

Pertumbuhan Pangsa Pasar OLX Autos Indonesia.

Hendri Tadjuni, Chief Operating Officer OLX Autos Indonesia menyebutkan, pangsa pasar OLX Autos dari sisi penjualan per Juni 2022 naik hingga 300% dibandingkan dengan sejak awal berdirinya OLX Autos pada pertengahan 2020. Bahkan saat ini kata Hendri, OLX Autos melayani lebih dari 5 juta pelanggan.

” Konsumen yang menjual mobil mereka melalui OLX Autos pun secara  langsung dapat berkontribusi dalam mendorong ekosistem industri otomotif nasional. Dengan menjual mobilnya di OLX Autos, persediaan mobil bekas akan lebih banyak sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia, “ujarnya.

Adapun jenis mobil yang banyak dijual ke OLX Autos itu masih didominasi dengan tipe MPV. Selain itu, tipe SUV juga menjadi tingkat kedua. Kalau melihat data meski MPV masih paling banyak, tipe SUV juga perlahan-lahan terus meningkat, semakin banyak peminatnya. Tahun 2022 ini, perdagangan MPV masih di tempat pertama dengan 44%, namun tipe SUV sudah mencapai 31%, cukup signifikan ya kenaikannya.

Sementara merek mobil menjadi favorit pelanggan adalah Honda CRV, Toyota Fortuner, dan juga Honda HRV. Untuk harga, bila melihat tipe yang menjadi favorit, harganya berada dalam kisaran Rp200 jutaan.

Dari grafik pertumbuhan ekonomi, pasar mobil bekas memiliki prospek yang besar justru dimasa ekonomi global saat ini. Pasar mobil bekas sendiri mulai bangkit secara perlahan-lahan sejak kuartal IV/2020. Didorong oleh inovasi yang terus kami lakukan dan membaiknya perekonomian, pasar mobil bekas terus bergerak ke arah yang positif.

” Pada semester I/2021, pasar mobil bekas semakin baik. Seperti yang terlihat pada Ramadan tahun 2022, dengan diperbolehkannya mudik Lebaran 2022, kami melihat adanya peningkatan penjualan yaitu lebih dari 30%. Ini adalah antusiasme festival season (Ramadan & Jelang Idul Fitri) yang luar biasa dan tentunya sangat berpengaruh pada kinerja penjualan kami pasca industri otomotif, termasuk pasar mobil bekas terkena dampak pandemi Covid-19 seperti sebagian besar industri lainnya, dua tahun kebelakang merupakan tahun yang penuh tantangan, tapi kami mampu melewatinya dengan baik dimana hal ini tentunya karena dukungan dari semua pihak, “tambah Hendri Tadjuni.

Pihaknya oun optimis, dengan potensi besar yang masih bisa digali di bisnis pasar mobil bekas, termasuk bisnis OLX Autos akan semakin meningkat di masa yang akan datang.

Optimisme tersebut muncul dengan layanan 3C, dimana konsumen, ingin layanan yang cepat dengan basis platform digital sehingga memudahkan mereka tapi yang terpenting adalah aman dari penipuan.

“Di OLX Autos, kami pastikan seluruh mobil yang kami jual adalah mobil bekas berkualitas yang sudah diinspeksi secara menyeluruh oleh tim inspeksi kami, dan pastinya bebas bekas banjir dan tabrakan, Selain itu, membeli mobil bekas di OLX Autos itu pasti dapat garansi mesin 30 hari, garansi 7 hari uang kembali, dan gratis biaya perawatan. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir dengan kualitas mobil yang dijual,” ucapnya.

Ditambahkan prinsip Kemudahan yang diberikan layanan OLX Autos adalah prosesnya yang yakni sekitar 1 jam. OLX juga memberikan jaminan keuntungan dengan menjual mobil di OLX Autos karena akan mendapatkan harga terbaik sesuai hasil inspeksi dan kondisi mobil. Dan yang terpenting proses cepat tersebut membuat uang bisa langsung transfer setelah deal.

Saat ini OLX Autos juga menjalin kolaborasi program trade-in dengan sejumlah brand, yakni BMW dan Wuling yang tentunya semakin memudahkan pelanggan untuk mendapatkan mobil impiannya. Jumlah brand yang kolaborasi pada tahun ini lebih banyak dari tahun lalu dan ini menunjukkan bahwa peran OLX Autos dalam mendorong penjualan mobil baru cukup signifikan ya

Terkait dengan rencana jangka panjang, OLX Autos sangat terbuka untuk berbagai kesempatan kolaborasi dengan para pemain di industri ya.

” Kami percaya, jika semua pemain saling mendukung dan berkolaborasi, industri ini akan semakin cerah di masa mendatang, “tutup Hendri Tadjuni.(#)