Iritnya Suzuki All-New Ertiga Hybrid Bikin Kaget! Ini Bukti Test Drive

Media test drive meninggalkan Diler Suzuki, PT Megahputra Sejahtera jalan Gunung Latimojong sebagai titik start.(foto:ist)

Media test drive meninggalkan Diler Suzuki, PT Megahputra Sejahtera jalan Gunung Latimojong sebagai titik start.(foto:ist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Suzuki All-New Ertiga tampil mengejutkan sebagai mobil Low MPV pertama dengan teknologi hybrid di Indonesia. Publik lantas bertanya-tanya seberapa irit sih konsumsi bensinnya? Nah, djournalist.com menguji itu dalam perjalanan uji coba menempuh jarak dari kota Makassar ke kabupaten Pangkep, Sabtu (23/7) lalu.

Pagi di akhir pekan saya dan beberapa rekan media di kota Makassar mendapat undangan “jalan-jalan” ke kabupaten Pangkep dari PT Megahputra Sejahtera. Pikiran saya wah enak nih diajak weekend, tapi kenapa ke Pangkep? Ada apa di Pangkep.

Advertisment

Tapi melihat tajuk undangannya “Media Test Drive All New Ertiga Hybrid”, saya baru paham maksud undangannya. “Ini untuk menjawab pertanyaan dari teman media seberapa irit dan efisiennya terhadap teknologi baru ini,” kata Yesaya Roberto, General Manager (GM) PT Megahputra Sejahtera saat melepas media test drive di Diler Suzuki jalan Gunung Latimojong sebagai titik start.

Awak media mendapatkan pengarahan dulu nih terkait Media Test Drive All New Ertiga Hybrid dari jajaran manajemen PT Megahputra Sejahtera.

Oh ya, PT Megahputra Sejahtera (MPS) adalah main dealer Suzuki di Sulawesi Selatan dan Barat. Sementara pemegang merek dagang Suzuki di Indonesia adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Menjelang pukul 10.00 WITA bendera start diangkat GM MPS Yesaya Roberto dan melepas 5 unit Suzuki All New Ertiga yang khusus menjalani test drive dengan menjajal jarak 61 Kilometer mulai dari showroom Suzuki di jalan Gunung Latimojong kota Makassar menuju RM Tahu Sumedang kabupaten Pangkep sebagai titik finish.

Megahputra membawa 15 orang jurnalis dari media cetak dan online juga pewarta foto di Makassar. Lalu rombongan tersebut dibagi menjadi 4 grup. Dimana setiap grupnya dibagi menjadi 3-4 orang per mobil. Masing-masing grup peserta menggunakan dua varian, yaitu bertransmisi manual (M/T) dan bertransmisi otomatis (AT).

Bendera start diangkat GM Megaputra Sejahtera, Yesaya Roberto.

Saya bersama tiga rekan media lain mendapat All New Ertiga Hybrid dengan transisi otomatis (AT) warna putih dan mendapat mobil nomor urut 2.

Sebelum berangkat kami mendapat informasi dari Marketing Manager Suzuki PT Megahputra, M Said, jika All New Ertiga Hybrid memang hemat bahan bakar.

“Perbandingan pemakaian saat tiba 1:23,3 liter. Artinya, 1 liter per 23,03 kilo meter per unit. Dari tota lima unit yang kita tes kesini,” kata M. Said seolah tahu keraguan saya apakah cukup bensin yang dipakai untuk sampai di Pangkep.

Mobil ramah lingkungan ini hanya menghabiskan rata-rata 2,9 liter bahan bakar dengan kecepatan rata-rata 44 kilometer per jam.

Mobil ramah lingkungan ini hanya menghabiskan rata-rata 2,9 liter bahan bakar dengan kecepatan rata-rata 44 kilometer per jam.

Fitur engine auto stop bekerja optimal di sini untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar, sehingga dipastikan All New Ertiga Hybrid ini tidak akan boros bahan bakar.

Kabupaten Pangkep dinilai representatif untuk mencoba performa All New Ertiga Hybrid dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid dan beragam fitur lainnya yang menambah kenyamanan dan keamanan berkendara, serta penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. Harus diakui, saya merasa nyaman dalam perjalanan dengan segala macam fitur yang disediakan dalam mobil All New Ertiga Hybrid ini.

Sebelum perjalanan dimulai, tangki bahan bakar tiap mobil diisi penuh menggunakan bensin dengan RON 98 dan disegel agar tidak terjadi kecurangan. Metode pengujian bahan bakar yang digunakan adalah full to full.  Setelah sampai di finish point, semua tangki bensin mobil diisi kembali menggunakan jenis bahan bakar yang sama hingga penuh, lalu dilihat selisih penggunaannya untuk mendapatkan hasil akhir.

Terbukti, jarak tempuh sebanyak 61 kilometer Makassar-Pangkep, All New Ertiga Hybrid terbukti lebih hemat.

Hasil uji efisiensi konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid ini merupakan angka rata-rata yang didapat setelah 15 jurnalis melakukan test drive dengan melakukan perjalanan dari Makassar menuju Pangkep.

Konsumsi bahan bakar setiap kendaraan sendiri dapat memiliki hasil akhir yang berbeda-beda tergantung pada banyak faktor, diantaranya kebiasaan, bobot pengemudi dan penumpang, teknik, dan cara berkendara, kondisi medan jalanan dan lalu lintas, serta pemakaian kelistrikan, seperti audio, lampu, atau AC. Selain menggunakan teknologi yang tepat, pengendara juga harus memastikan kendaraan melaju pada kecepatan optimal (bukan maksimal) guna menghemat penggunaan bahan bakar.

Sebelum perjalanan dimulai, tangki bahan bakar tiap mobil diisi penuh menggunakan bensin dengan RON 98 dan disegel agar tidak terjadi kecurangan.

Suzuki All New Ertiga Hybrid yang resmi mengaspal di Kota Makassar, Jumat (17/6/2022) lalu ini, memiliki dukungan teknologi elektrifikasi Suzuki Smart Hybrid dengan duavarian yaitu bertransmisi manual (M/T) dan otomatis (AT). Berbeda dengan produk sebelumnya, All New Ertiga Hybrid berfokus pada efisiensi bahan bakar tanpa mengurangi kenyamanan dalam mengendarainya. Ini bisa dilihat saat mengulik spesifikasi mesin baik dari sisi eksterior maupun interior.

Eksterior

Jika dilihat dari tampilan atau sisi eksterior, All New Ertiga Hybrid tampil dengan New Front Grille Design pada tipe GX. Lalu, ada tampilan baru New Alloy Wheel Black Polished untuk tipe SS; serta tampilan New Backdoor Garnish Design, dan ditambahkannya emblem “Hybrid” di bagian luar mobil.

Interior

Pada bagian interior, terdapat perubahan pada interior ornament charcoal (GX) dan ornament carbon (SS), serta Seat Material Color baru yang membuatnya terlihat lebih mewah.

Untuk mesin, All New Ertiga Hybrid dibekali mesin mesin tipe K15B 4 silinder berkekuatan 1.462 cc. Mobil bisa memproduksi tenaga 104.7 PS dan torsi puncak 138 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan integrated starter generator (ISG) dan lithium-ion battery sebagai teknologi hibrida yang disematkan. Kedua teknologi ini lah yang diklaim mampu membuat kendaraan menjadi lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Kabin varian SS-AT makin premium. Malah dashbor agak naik kelas dengan desain baru yang berkesan premium. kesenyapan kabin juga lebih baik dari pesaingnya.

Mobil keluarga 7 penumpang ini juga begitu stabil di jalan bebas hambatan, karena didukung fitur safety aktif electronic stability programme (ESP).

Saat deselarasi alias kendaraan melambat, energi disimpan ke baterai lithium-ion dengan bantuan inovasi Suzuki lewat teknologi pintar Integrated Starter Generator (ISG) metode kerjanya adalah ISG akan mengubah energi kinetik menjadi listrik yang kemudian akan disimpan dalam baterai.

ISG pula yang memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi. ISG akan memberikan dukungan atau bantuan tenaga kepada mesin bila dibutuhkan guna meringankan beban pada putaran mesin. Selanjutnya, dengan kondisi mobil yang berhenti, fitur Engine Auto Start-Stop akan aktif. Sebuah komposisi yang hebat bukan?

Dengan fitur-fitur yang melimpah di dashbor mobil ataupun bagian depan kemudi All New Ertiga Hybrid cukup nyaman digunakan, tak terkecuali bagi pengendara perempuan. Karena fitur-fitur di kursi depan tersebut mudah dioperasikan. Bagi penumpang di jok belakang juga merasakan kenyamanan, sebab ruang kakinya tergolong luas dan nyaman. Ini membuat All New Ertiga Hybrid rasanya cocok untuk digunakan berpergian dengan keluarga.

All New Ertiga Hybrid rasanya memang cocok untuk digunakan berpergian dengan keluarga.

Bicara soal fitur, terdapat fitur HHC (Hill Hold Control) yang memberikan rasa tenang saat melanjutkan perjalanan setelah berhenti di lintasan menanjak.

Pengemudi juga dapat membaca informasi dan memantau kondisi mobil dengan mudah berkat tampilan baru MID (Multi Information Display) yang lebih jelas dan informatif.

Pada malam hari, fitur Auto headlight with Guide Me Light dapat memberikan penerangan cahaya di depan setelah turun dari mobil.

Penulis tak ketinggalan nih mengabadikan moment bersama Suzuki All New Ertiga Hybrid.

Sebagai informasi, berbeda dengan All New Ertiga Hybrid  transmisi otomatis, varian kendaraan transmisi manual (M/T) memiliki tampilan GSI (Gear Shift Indicator) yang diklaim mampu melakukan perpindahan transmisi yang paling efisien. Namun berapa price yang dibanderol untuk produk kembagaan Suzuki ini dan apa saja varian warnanya?

Warna dan Harga

All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) lima percepatan dan otomatis (AT) empat percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport (SS).

Soal warna, Suzuki All New Ertiga Hybrid memiliki banyak pilihan warna. Seperti Cool Black, Merallic Magma Gray. Lalu ada juga Pearl Snow White, Mellow Dewp Red, Silky Silver, Brave Khaki, dan Burgundy Red.

Sementara harga rupanya cukup bersaing dikelasnya. Harga On The Road (OTR) Makassar dan sekitarnya,

– All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp305.400.000

-All New Ertiga Hybrid SS-MT seharga Rp292.200.000.

– All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp294.600.000

– All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp281.450.000.

All New Ertiga Hybrid bersama awak media dan seluruh jajaran manajamen PT Megahputra Sejahtera di RM Tahu Sumedang Pangkep.

Seluruh harga tersebut merupakan On The Road untuk wilayah Makassar pada Juni 2022. Nah inilah yang luar biasa dari All New Ertiga Hybrid, selain menawarkan teknologi mesin yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan, fitur – fitur yang membuat kita nyaman berkendara bersama keluarga juga pilihan warna yang banyak sekali serta harga yang cukup bersaing untuk semua fitur dan teknologi yang memuaskan seperti yang ada dalam All New Ertiga Hybrid ini.

Dan yang paling penting ternyata dengan konsumsi 1:23, 3 liter All New Suzuki Ertiga Hybrid pantas jadi andalan baru keluarga Indonesia, di tengah kebijakan kenaikan harga bahan bakar hingga tidak menghalangi masyarakat memiliki kendaraan roda empat yang nyaman untuk keluarga.

Perjalanan sekitar 2 jam Test drive All New Suzuki Ertiga pun ditutup dengan menikmati kuliner Pangkep.

Perjalanan sekitar 2 jam Test drive All New Suzuki Ertiga pun ditutup dengan menikmati kuliner Pangkep.(#)