NIPAH PARK Hadirkan Pameran Buku dan Literasi Lewat TAMAN RIA

Taman Ria adalah salah satu program yang diusung oleh NIPAH PARK yang akan digelar selama 8 hari, 24 September-1 Oktober 2022 di Rooftop Garden NIPAH PARK.

Taman Ria adalah salah satu program yang diusung oleh NIPAH PARK yang akan digelar selama 8 hari, 24 September-1 Oktober 2022 di Rooftop Garden NIPAH PARK.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – NIPAH PARK seperti tak pernah kehabisan acara seru untuk dikunjungi. Tak hanya sebagai pusat perbelanjaan, NIPAH PARK sering menjadi ruang untuk berbagai acara menarik, termasuk pameran buku dan literasi bertajuk Taman Ria.

Taman Ria adalah salah satu program yang diusung oleh NIPAH PARK yang akan digelar selama 8 hari, 24 September-1 Oktober 2022 di Rooftop Garden NIPAH PARK.

Advertisment

Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar, giat ini menjadikan TAMAN di NIPAH sebagai ruang untuk bertemu dan bercerita serta menyediakan lokasi dengan membuat pop up library, dan ruang yang merespon aktivitas kesenian dan hobi.

Marketing and Communication Manager Kalla Property, Datu Primadona Husain, mengatakan Taman Ria merupakan program yang merespon NIPAH yang tak hanya hadir sebagai mal atau pusat perbelanjaan, tetapi taman dan ruang publik yang mudah dijangkau dan ramah di tengah riuhnya perkotaan dengan segala aktivitasnya.

“Tujuan kami untuk menyatukan komunitas, aktivitas, dan ruang publik yang memungkinkan agar dapat terhubung dengan mudah dan memberi ruang untuk tumbuhnya gerakan literasi di Makassar,” tutur Ona, sapaan akrabnya.

Ona juga berharap Taman Ria dapat menjadi tempat berkumpulnya pengunjung untuk berdiskusi serta berbagi ide dan dapat membangun budaya literasi dan menjadi wadah bagi para pegiat literasi, seni, dan hobi.

“Kami juga membuka ruang bagi masyarakat yang tidak memiliki latar belakang kesenian atau literasi sekalipun, untuk turut terlibat, baik sebagai penggerak maupun penikmat dalam Taman Ria,” tambahnya.

Beragam rangkaian kegiatan disajikan selama 8 hari berturut-turut melalui beberapa kategori taman yang disajikan antara lain Taman Buku, Taman Hobi, Taman Seni, Taman Kudapan, dan Taman Anak. Setiap kategori taman merupakan kerja kolektif dan kolaborasi bersama puluhan komunitas buku, seni, budaya, dan hobi di Kota Makassar.

Di Taman Buku akan ada pameran buku dari berbagai komunitas antara lain Inninawa, Kampung Buku, Bookmate, Makassar Book Club, Pustaka Merah Hitam, dan Klub Buku Narasi.

Sedangkan di Taman Seni dan Taman Hobi akan diisi oleh komunitas Roda Gembira, Malesco, Sketch Makassar, Celebes Cubers, Typography Makassar, Komunitas Skate Makassar, Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Makassar melalui karya instalasi seni, dan pertunjukan seni oleh Sanggar Seni Patodongi pada 29 September 2022.

Tak hanya komunitas dari Makassar, Taman Ria juga berkolaborasi dengan salah satu komunitas film dari Melbourne, Dogmilks.
Selain itu, Taman Ria juga menyediakan ruang yang nyaman bagi Si Kecil untuk saling berinteraksi. Rangkaian aktivitas seru di Taman Anak akan berlangsung selama dua hari, 24-25 September 2022.

Berkolaborasi dengan Bee Kids Creative Lab dan Rumah Dongeng Nusantara, aktivitas Si Kecil semakin seru dengan Recycle Craft, Squirt Painting, dan Story Telling “Mencari Hujan” oleh Kak Heru.

Pengunjung juga akan disajikan berbagai pilihan kudapan di Taman Kudapan. Berkolaborasi dengan Tentang Kuliner, Taman Kudapan akan menyuguhkan 14 tenant makanan dan minuman yang dapat memanjakan lidah pengunjung selama kegiatan berlangsung.

Tak sampai disitu, akan ada sesi talk show menarik yang akan membahas terkait Ruang Publik, Literasi, dan Kelindannya. Digelar pada 30 September 2022 nanti, talk show akan dibawakan oleh para panelis yang memiliki kapasitas dibidangnya antara lain Muhammad Roem selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, arsitek dan desainer urban Yulianti Tanyadji, penulis dan penyair M. Aan Mansyur, dan akan dipandu oleh pegiat literasi Zulkhair Burhan, yang akrab disapa Bobhy.

Acara ini juga akan menampilkan musik dari local heroes Makassar, Ruang Baca dan My Silver Lining.Taman Ria diharapkan dapat mendorong tumbuhnya berbagai gerakan kolektif yang lebih lanjut, mendorong lahirnya komunitas-komunitas, pustaka-pustaka publik hingga mendorong lahirnya berbagai inisiatif program seni budaya dan literasi di penjuru Makassar.

Pengunjung dapat melihat dan menikmati bagaimana ‘ruang publik’ dapat menjadi ruang pemberdayaan ekosistem seni dan literasi tanpa dipungut biaya dan dapat langsung datang ke Rooftop Garden NIPAH PARK, pukul 10.00-21.00 WITA.(****)