Peringati HUT Makassar ke 415, MCN Usung Konsep Pesta Rakyat Ramah Lingkungan

konferensi pers MCN di Hotel Mercure, Kamis (3/11/2022) (foto:ist)

konferensi pers MCN di Hotel Mercure, Kamis (3/11/2022) (foto:ist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Makassar Culinary Night (MCN) akan hadir kembali di Fort Rotterdam. Festival kuliner terbesar di Kota Makassar ini akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 5 – 6 November 2022.

Makassar Culinary Night kali ini mengangkat tema 415 Pesta Rakyat sebagai bentuk apresiasi dalam rangkaian perayaan HUT ke-415 Kota Makassar pada 9 November 2022 mendatang. Festival ini merupakan kali ke 17 setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemik COVID-19.

Advertisment

“November identik dengan HUT Makassar. Jadi, kita ambil tema Makassar 415 Pesta Rakyat,” ujar Founder Makassar Culinary Night Mistri Andi Muin, dalam konferensi pers di Hotel Mercure, Kamis (3/11/2022

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Mohammad Roem, menyebut  Makassar Culinary Night menjadi salah
satu kalender event andalan Dinas Pariwisata Makassar.

“Kami berharap dengan
diselenggarakannya kembali MCN 415 Pesta Rakyat ini dapat menjadi wadah bagi para Pelaku usaha UMKM kuliner lokal untuk memasarkan dan memperkenalkan produk mereka, sehingga dapat menjangkau dan dinikmati oleh masyarakat luas khususnya warga kota Makassar, “ujarnya.

Sementara Founder Makassar Culinary Night Mistri Andi Muin, menjelaskan, ada yang
berbeda dalam penyelenggaraan MCN tahun ini dimana MCN hadir dengan kampanye Less Plastic atau gerakan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

“Kampanye ini sebagai bentuk kepedulian kami Terhadap kelestarian lingkungan utamanya dalam penyelenggaraan event kuliner”,kata Mistri.

Ia pun tengah menghimbau kepada 77 tenant peserta yang telah diseleksi oleh pihak panitia dan kurator MCN untuk menggunakan wadah ramah lingkungan atau plastic eco friendly yang dapat didaur ulang.

Tidak luput dari Makassar Culinary Night 415 Pesta Rakyat adalah kehadiran pihak sponsor
yakni Gojek yang setiap tahun ikut serta mendukung kesuksesan MCN dengan Menghadirkan sistem transaksi non tunai bagi para pengunjung melalui pembayaran GoPay.

District Head Gojek Makassar Adwin Pratama Anas, mengungkapkan, GoPay saat ini
tidak terbatas pada urusan transportasi dan pesan antar makanan yang ada di dalam
aplikasi Gojek saja.

GoPay terus mendorong masyarakat untuk tetap bertransaksi secara
aman tanpa kontak langsung.

” Meski saat ini sudah mulai ada pelonggaran dalam event ruang terbuka kami berupaya untuk terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung di Makassar Culinary Night. Pengunjung dapat memanfaatkan QRIS dari GoPay untuk pembayaran dan dan mendapatkan promo lebih hemat saat hendak menikmati kuliner
favorit tanpa mengeluarkan uang tunai,”jelas Edwin.

Adwin menambahkan, sebagai bentuk dukungan Gojek terhadap kampanye MCN less
plastic, Gojek menyiapkan water station atau isi ulang air mineral bagi pengunjung MCN
yang datang membawa botol / tumbler sendiri.

Water station ini tersedia di beberapa titik area MCN, hanya dengan membayar GoPay Rp.1 pengunjung MCN dapat mengisi air mineral sesuai kebutuhan.

“Sebagai ekosistem karya anak bangsa yang berpihak pada UMKM lokal, lewat #BangkitBersama Gojek menghadirkan berbagai inisiatif untuk membantu UMKM
beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, mendorong daya beli konsumen pada produk
lokal, hingga membantu mitra driver tetap produktif, sehat, dan aman” tambah Adwin.(***)