SRC Gelar Pesta Retail Celebes Terbesar di Makassar

PT HM Sampoerna Tbk. melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Celebes di Lapangan Parkir Mal Phinisi Point di Makassar, Sabtu 3 Desember 2022.

PT HM Sampoerna Tbk. melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Celebes di Lapangan Parkir Mal Phinisi Point di Makassar, Sabtu 3 Desember 2022.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – PT HM Sampoerna Tbk. melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar Pesta Retail Celebes di Lapangan Parkir Mal Phinisi Point di Makassar, Sabtu 3 Desember 2022.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November 2022 hingga 18 Desember 2022

Advertisment

Event ini adalah bukti SRCIS secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC).

“Pesta Retail Celebes ini adalah bentuk apresiasi sekaligus memperkuat silaturahmi antara pemilik toko kelontong SRC di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara,” ujar Head of Zone East Indonesia PT HM Sampoerna Tbk, Subur.

Acara ini kata Subur, dihadiri lebih dari 1.000 toko kelontong SRC di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara, dan didukung oleh AQUA, BRI, KFC, Lokalate, Kopi Kenangan, ABC Kraft Heinz, dan Mie Sejati.

Melalui kegiatan ini, Subur berharap eksistensi toko kelontong makin nyata dan dapat relevan bagi masyarakat dari berbagai kalangan.

Selain memamerkan produk-produk andalan pelaku UMKM dan toko kelontong, acara ini juga menghadirkan hiburan rakyat dari masing-masing daerah dalam rangka memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia.

Juga turut dimeriahkan jalan sehat, penandatangan kerja sama antara Bulog dan Paguyuban SRC Sulawesi 1 untuk optimalisasi distribusi di toko kelontong SRC, pasar sembako murah dari Bulog Sulselbar, penerbitan NIB bagi UMKM, serta hiburan rakyat untuk mendekatkan masyarakat dengan toko kelontong SRC.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Celebes akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. Oleh karena itu, selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya.

Menurut data, terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing.

Pesta Retail Celebes dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, didampingi Kepala Bulog Sulselbar dan Kepala Bank Indonesia Kanwil Sulsel.

“Terima kasih kepada seluruh toko kelontong SRC yang telah berkontribusi dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat, serta terus mendukung transformasi dan digitalisasi UMKM toko kelontong sehingga lebih berdaya saing dan terus konsisten berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” ujar Ashari dalam sambutannya.

Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk., Ivan Cahyadi, mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Ia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan. “Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan,” tegas Ivan.(****)