Sulsel Raih Penghargaan Provinsi Terbaik di KTI pada Ajang P2DD

Provinsi Sulawesi Selatan berhasil keluar sebagai pemenang untuk kategori Provinsi se-KTI dari Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) Selasa, 6 Desember 2022 di Jakarta.(foto:ist)

Provinsi Sulawesi Selatan berhasil keluar sebagai pemenang untuk kategori Provinsi se-KTI dari Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) Selasa, 6 Desember 2022 di Jakarta.(foto:ist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Provinsi Sulawesi Selatan berhasil keluar sebagai pemenang untuk kategori Provinsi se-KTI dari Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) Selasa, 6 Desember 2022 di Jakarta.

Satgas P2DD juga memberikan penghargaan kepada Kota Makassar dan Kabupaten Luwu sebagai pemenang pada kategori Kota dan Kabupaten se-KTI.

Advertisment

Tidak hanya itu, Pemkab Sidenreng Rappang (Sidrap) juga berada pada urutan kedua untuk Kabupaten terbaik se-KTI.

Penghargaan tersebut diberikan disela-sela Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) yang dikoordinatori oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD tahun 2022 yang dihadiri seluruh Pemda di Indonesia secara _hybrid_ dan merupakan Rakornas P2DD pertama.

Dalam kegiatan ini, Satgas P2DD memberikan penghargaan kepada 27 TP2DD terbaik dan 1 Bank Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) terbaik.

Penghargaan TP2DD yang dibagi dalam 3 kawasan, yaitu Sumatera, Jawa-Bali dan KTI, menampilkan masing-masing pemenang baik pada kategori Provinsi, Kota dan Kabupaten.

Alhasil, lrestasi luar biasa dalam mengimplementasikan ETPD sepanjang tahun 2021 telah ditorehkan oleh Pemda di Sulsel.

Sinergi dan kolaborasi yang didukung dengan komitmen dan konsistensi seluruh Kepala Daerah di Sulawesi Selatan, telah menghadirkan digitalisasi pada lingkungan Pemda di Sulawesi Selatan pada inovasi-inovasi pelayanan publik dan perbaikan tata kelola.

Sebagai contoh, penerapan digitalisasi pada pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) telah mampu mengatasi sebagian kebutuhan masyarakat untuk membayar PKB dengan mudah di era digital dan pandemi Covid-19.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menuturkan bahwa pencapaian yang luar biasa ini diperoleh berkat kerja keras, sinergi dan kolaborasi semua pihak, baik Bank Indonesia, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Bank RKUD dan masyarakat di Sulawesi Selatan.

Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) mendukung terwujudnya pemerintahan yang amanah, transparan, dan bertatakelola dalam rangka mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah, meningkatkan Kemandirian Fiskal Daerah, dan meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana, menyampaikan selamat atas seluruh prestasi yang berhasil diraih oleh Pemerintah Daerah di wilayah Sulawesi Selatan.

“Bank Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah Sulawesi Selatan, ” Ujarnya. (***)